USU Jadi Tuan Rumah Pimnas Ke 34 Oktober 2021

KBRN.Medan: Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 34 tahun 2021. Ajang tahunan ini bakal dihadiri 2.200 mahasiswa dari 100 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

"Persiapannya sudah kira-kira jika di persentasekan sudah 70 persen. 30 persen lainnya kita akan lihat di lapangan ketika semuanya sudah di pasang," kata Rektor USU, Dr Muryanto Amin saat konferensi pers di Biro Administrasi USU, Kamis (16/9/2021).

Muryanto menyebutkan pelaksanaan pekan ilmiah tahun ini tak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tetapi, untuk tahun ini dirinya mencoba menghadirkan orang-orang atau industri yang ada ke acara Pimnas.

"Jadi kita sudah berkoordinasi dengan Dirjen Dikti agar menghadirkan juga nanti orang-orang atau industri untuk mengikuti Pimnas ini. Jadi kalau yang berinisiatif untuk bisa berinvestasi untuk temuan mahasiswa itu lebih bagus," sebut Muryanto.

Pada Pimnas ke-34 tahun ini, tema yang diusung adalah Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi Untuk Inovasi Dalam Bingkai Kearifan Lokal. Pimnas ini akan digelar pada 26 hingga 30 Oktober mendatang secara daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak memicu klaster baru COVID-19.

"Pada hari ini kami juga me-launching logo, maskot, website dan Instagram resmi Pimnas ke-34. Website dan Instagram tersebut akan memuat seluruh informasi terkait pelaksanaan Pimnas ke-34," sebut Muryanto.

Kemudian, Muryanto menyebut untuk maskot yang dipilih USU untuk Pimnas tahun ini adalah burung Beo Nias yang diberi nama ITO. ITO diambil dari partuturan dalam adat batak yang merupakan sebutan atau panggilan pria kepada wanita atau sebaliknya berbeda jenis kelamin.

"ITO memiliki arti lebih khusus yaitu akronim dari Intellegent, Tough and Outstanding yang setiap unsurnya terlebur dalam penampilan maskot Pimnas ke-34," sebut Muryanto.

Muryanto berharap agar Pimnas tahun ini mampu mendorong para mahasiswa di Indonesia untuk lebih giat dalam berinovasi dan mengasah talentanya. Agar ke depan, semakin banyak ilmuwan-ilmuwan muda yang menghasilkan inovasi baru yang bermanfaat untuk kemajuan Indonesia.

"Selaku tuan rumah, kami berupaya dengan sekuat tenaga untuk memfasilitasi seluruh pelaksanaan kegiatan agar dapat berjalan dengan sukses dan memuaskan seluruh peserta yang ikut ambil bagian dalam kompetisi ini," sebut Muryanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00