Gubernur Diminta Ambil Langkah Bijak dan Adil Atasi Kekacauan PPDB Sumut

KBRN, Medan : Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Abyadi Siregar meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengambil langkah yang bijak dan berkeadilan, dalam mengatasi kekacauan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA di Sumut.

Abyadi menuturkan, hingga saat ini masih ada aksi protes dari orangtua siswa terkait pelaksanaan PPDB Sumut yang dilakukan secara daring/online, terutama pasca pengumuman dari jalur prestasi, afirmasi, dan mutasi. 

"Terutama dari jalur prestasi akademik, mereka protes pelaksanaan ini tidak transparan setelah pengumuman. Misalnya, ada yang nilainya tinggi tidak lulus, tapi yang nilainya lebih rendah malah lulus," kata Abyadi di Medan, Rabu (23/6/2021).

Abyadi berharap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi segera menyelesaikan permasalahan tersebut dengan berkeadilan, yakni jangan sampai mendzolimi atau mengabaikan orang-orang yang berada pada posisi benar. 

"Pemprov harus menyelesaikan ini dengan baik dan berkeadilan. Jangan sampai ada calon siswa yang tersakiti. Jangan nilainya bagus tapi nggak lulus. Karena itu, gubernur harus mengambil langkah soal itu," ujarnya.

Ombudsman menyerahkan penyelesaian masalah PPDB online ini ke Pemprov Sumut. Ombudsman hanya menyarankan agar apapun langkah yang diambil Pemprov adalah langkah yang bijak dan berkeadilan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00