Bripka LA Diduga Calo Siswa Bintara, Polda Sumut Akui Panitia Masih Bersih

KBRN, Medan: Seorang oknum Polwan Polrestabes Medan bernisial Bripka LA diperiksa Propam Polda Sumut, Rabu (16/6). Dia diduga menjadi calo saat penerimaan calon siswa Bintara Polri Tahun  2021.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan pemeriksaan itu. Kata Hadi kepada calon siswa polwan tersebut mengaku bisa menjamin lolos seleksi polisi.

"Iya (benar) dia sebagai perantara yang bisa menjamin, untuk casis (calon) siswa bisa (masuk) anggota Polri," ujar Hadi kepada wartawan, Kamis (17/6).

Dalam aksinya kata Hadi diduga LA, memasukkan seorang untuk menjadi joki, yang mengisi jawaban akademik calon siswa.  Namun Hadi tidak mejelaskan berapa jumlah calon siswa. Dia hanya memastikan siswa yang memakai joki didiskualifikasi.

"Totalnya saya kurang tahu persis, (tapi) sudah diskualifikasi nomor peserta yang itu ( yang diduga curang)," ujar Hadi.

Kata Hadi kasus ini terkuak setelah polisi menaruh curiga kepada salah seorang calon peserta. Saat test akademik wajah yang mengikuti ujian berbeda dengan wajah peserta yang lolos seleksi test berikutnya.

"Ketahuan panitia, di cek pada tes berikutnya. Bukan orangnya, dia menggunakan orang lain. Saat itu juga dicoret ( calon siswa yang curang)," ujarnya. (Joko Saputra)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00