FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Operasional Bioskop di Medan Tunggu Komitmen Pengusaha

Penerapan jaga jarak fisik di bioskop (int)

KBRN, Medan: Pemerintah Kota Medan melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, menyatakan siap mendukung rencana pengusaha untuk kembali mengoperasionalkan bioskop di Medan. Namun untuk izin operasional kembali bioskop mereka memberikan syarat khusus terkait penerapan protokol kesehatan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan, menyatakan pihaknya sudah bertemu dengan asosiasi pengusaha bioskop pada pekan lalu. Pertemuan itu untuk membahas rencana operasional kembali bioskop di Medan.

Dalam pertemuan itu disampaikan bahwa pemerintah kota pada dasarnya setuju untuk kembali mengizinkan operasional bioskop. Namun pengusaha harus terlebih dahulu berkomitmen untuk secara displin melaksanakan protokol kesehatan umum pencegahan Covid-19.

Termasuk beberapa syarat khusus yang disampaikan. Di antaranya terkait larangan makan dan minum selama berada di bioskop serta aturan terkait kapasitas maksimal penonton yang hanya 50 persen total kursi yang ada.

"Kita pada dasarnya setuju saja. Tapi mampu tidak mereka benar-benar mendisiplinkan protokol kesehatan itu. Di samping itu, ada beberapa item yang mereka terkejut masukan dari kita. Salah satunya terkait belum bolehnya makan dan minum di bioskop. Padahal ini kan menjadi penerimaan terbesar mereka di luar tiket," sebut Mardohar, Senin (1/12/2020)

Saat ini,  kata Mardohar, pihaknya masih menunggu komitmen para pengusaha untuk menyepakati ketentuan itu. Pemerintah akan segera merealisasikan izin operasional bioskop. jika para pengusaha siap memenuhi persyaratan khusus tersebut.

"Nanti ada pembahasan lanjutan sekaligus finalnya bagaimana. Sebenarnya enggak berat, cuma masukkan kita itu yang belum mereka penuhi. Soal kapan pembahasannya, biar mereka yang mutuskan. Kita kan sudah sampaikan syarat kita. Tidak ada tawar-tawar lagi. Ini soal protokol kesehatan," tegasnya.

Mardohar menyebutkan, syarat khusus yang mereka ajukan bukan untuk mempersulit pelaku usaha. Melainkan untuk memastikan operasional bioskop tidak justru mendorong jumlah kasus baru penularan Covid-19 di Kota Medan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00