FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kemkes Gelar Swab Test Gratis di Medan

Pelaksanaan Swab Test Gratis di BTKLPP Klas I Medan (ist)

KBRN, Medan: Kementerian Kesehatan melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas I Medan, menggelar pemeriksaan usap (swab) gratis kepada warga Kota Medan. Pemeriksaan dilaksanakan setiap hari Senin selama bulan Nopember 2020 di Kantor BTKLPP, Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan.

Kepala Seksi Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan (ADKL) pada BTKLPP Medan, Yukresna Ivo Limbong, mengatakan jika penyelenggaraan swab gratis ini untuk menjawab permintaan yang cukup banyak dari masyarakat. Di sisi lain, angka pertumbuhan kasus baru Covid-19 di Medan terbilang masih cukup tinggi.

"Dulu juga sempat kita lakukan. Namun bukan berhenti melainkan melakukan juga diberbagai kota Sumatera Utara. Seperti Samosir, Tanjungbalai, Siantar, Binjai, Sergai. Bulan ini, setiap Senin akan kita gelar lagi di sini (Medan)," terang Ivo pada Senin (2/11/2020).

Ivo lebih lanjut mengatakan, pada kegiatan swab gratis ini pihaknya menargetkan sebanyak 75 orang perharinya. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar, dapat mengakses lalui laman Facebook BTKLPP.

"Kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap hati Senin di November 2020 ini. Masyarakat dapat mendaftar setiap hari Jumat melalui formulir yang kami bagikan di akun Facebook BTKLPP," jelasnya.

Ivo menambahkan kegiatan Swab massal dimulai dari  pukul 09.30 Wib hingga 12.00 Wib. Hasil tes Swab pun nantinya akan dikeluarkan maksimal lima hari. Namun beliau katakan sebelum lima hari biasanya hasil swab sudah dikeluarkan.

"Ya nanti ketika mau ambil hasil tes Swab, masyarakat yang bersangkutan akan dihubungi dan datang ke kantor dengan membawa KTP. Nah, kegiatan swab massal ini masih kami targetkan November namun untuk Desember kita lihat situasi yang berkembang terkhusus mengenai peningkatan Covid-19 di Medan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00