FOKUS: #VAKSIN COVID-19

8.2 Juta Vaksin Covid-19 Tiba di Sumut November 2020

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan (int)

KBRN, Medan : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menerima sebanyak 8.2 juta vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Vaksin tersebut rencananya tiba di Sumatera Utara pada November 2020 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan, Selasa (27/10).

Menurut Alwi, vaksin itu diperuntukkan bagi orang-orang yang masuk dalam target prioritas seperti yang telah ditentukan pemerintah. Mulai dari tenaga kesehatan, TNI/Polri, pegawai instansi pelayanan umum, hingga masyarakat umum yang berusia antara 17-59 tahun.

"Untuk pembagiannya secara teknis nanti diatur belakangan. Tapi yang pasti ini akan untuk yang menjadi target prioritas dahulu," tukasnya.

Di Sumatera Utara sendiri, kata Alwi terdapat sekitar 14 juta penduduk. Sehingga 8,2 juta vaksin ini, mencakup hampir 60 persen masyarakat Sumut.

"Yang 8,2 juta ini gratis. Selebihnya nanti kita belum tahu. Mungkin ada juga yang berbayar untuk yang tak masuk target prioritas," jelasnya.

Untuk saat ini program vaksin covid-19 masih dalam tahap sosialisasi kepada petugas dan masyarakat. Sehingga perlu memberikan pemahaman dan menyiapkan petugas yang nanti akan melaksanakannya. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir penolakan terhadap vaksin.

"Kan enggak bisa kita pungkiri ada yang anti-vaksin. Kalau menurut saya, yang anti-vaksin nanti ya silahkan aja enggak usah ikut, tapi jangan berkoar-koar," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00