Pentingnya Pakai Kacamata Hitam di Arab Saudi

KBRN, Madinah : Jemaah haji diingatkan utuk selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) selama beraktivitas di Arab Saudi. Hal ini untuk melindungi jemaah dari paparan sinar ultraviolet dan cuaca kering di Tanah Suci. 

Salah satu alat pelindung diri yang diingatkan untuk selalu dikenakan jemaah haji adalah kacamata hitam. Menurut Kabid Kesehatan PPIH Arab Saudi Indro Murwoko, pentingnya penggunaan kacamata hitam ini agar jemaah terindungi dari paparan sinar ultraviolet yang sangat terik di Arab Saudi. Terutama untuk melidungi kesehatan mata jemaah.

“Kondisi di luar ruangan, paparan ultraviolet sangat tinggi selain kering dan panas. Jadi ini untuk melindungi kesehatan mata,” ujarnya di Madinah, Senin (22/7/2019).

Indro Murwoko menuturkan, jika jemaah tidak menggunakan kacamata hitam, maka dapat berpotensi menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mata. Sebab, kondisi kering dan panas di Arab Saudi dapat menyebabkan iritasi bahkan lebih jauh dapat mengganggu visus mata atau ketajaman/kejernihan penglihatan.

Selain kacamata hitam, APD lain yang dianjurkan untuk digunakan jemaah selama beraktifitas di luar ruangan selama berada di Tanah Suci adalah masker dan topi.

Dikatakan Indro Murwoko, pihaknya akan melakukan berbagai strategi sebagai upaya promotif dan preventif menjaga kesehatan jemaah haji. Terutama bagi jemaah risti dan lansia.

“Memang jemaah risti dan lansia cukup banyak. Tapi dengan masifnya upaya promotif preventif yang kita lakukan, jemaah haji diharapkan tetap terjaga. Jadi fokusnya bukan di kegiatan kuratif atau pengobatan tapi di promotif dan preventif,” jelasnya. 

Lebih lanjut Indro Murwoko mengatakan, selain penggunaan APD, minum air mineral dalam jumlah cukup dan sering melakukan gerakan ringan, juga selalu diingatkan kepada jemaah. 

Upaya promotif dan preventif ini menurut Indro Murwoko dilakukan agar jemaah sadar akan pentingnya kesehatan sehingga dapat melakukan ibadah haji dengan baik dan tanpa menjadi sakit. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00