Rindu Udara Tanpa Asap Rokok, Ini Solusinya

KBRN, Medan : Menjaga kualitas udara di dalam hunian merupakan hal penting guna meningkatkan kualitas kesehatan, terutama saat pandemi di mana banyak aktivitas mulai dari belajar hingga bekerja dikerjakan dari dalam rumah.

Kualitas udara di dalam rumah akan terganggu jika ada salah satu anggota keluarga yang merokok. Padahal, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengingatkan bahwa rokok terkandung 250 bahan kimia berbahaya dan 50 di antaranya merupakan penyebab kanker.

“Seseorang yang berada di tempat yang mengizinkan untuk merokok berisiko terpapar zat berbahaya dalam jumlah tinggi karena polusi yang ditimbulkan asap rokok bisa mencapai level yang jauh lebih tinggi dibandingkan polutan udara lain seperti asap dari knalpot mobil,” seperti dilansir dari antaranews.com, dikutip Minggu (10/10/21).

dr. Budi Ikhsan, MKM selaku Ka.Pusk Medan Denai, kepada rri.co.id memberikan tips terkait cara berhenti merokok dan menjaga kualitas udara di rumah.

Tips berhenti merokok : 

- Motivasi, yakni bulatkan tekad untuk berhenti merokok; tanamkan dalam hati dan ubah paradigma berfikir bila tidak sekarang mungkin tidak akan bisa lagi, demi keluarga tercinta, merokok itu dosa karena menzalimi diri sendiri.

- Berhenti merokok seketika atau total, jangan mengurangi sedikit demi sedikit. Rokok itu candu, biarkan tubuh sakit akibat sakaw-nya rokok, rasa sakit tersebut akan membuat kita lebih tangguh menjaga niat.

- Kenali waktu dan situasi di mana anda paling sering merokok dan jauhi lingkungan perokok.

- Tahan keinginan merokok dengan menundanya atau menggantinya dengan hal-hal lain.

- Berolahraga secara teratur agar tubuh lebih sehat dan melupakan keinginan merokok.

- Minta dukungan dari keluarga dan sahabat serta bergaul dengan sahabat-sahabat yang tidak merokok.

- Konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan

- Minta bisa berhenti merokok dengan sungguh-sungguh kepada Sang Maha Pencipta, Allah AZZA wa Jalla. InsyaAllah, semua hal tujuannya yg baik, akan dipermudahnya.

Tips menjaga kualitas udara di rumah : 

- ada ruang ventilasi yg cukup

- ada tanaman/bunga yg tumbuh di halaman.

- sinar matahari yg cukup

- bila mampu, bisa memakai air purifier

Dengan demikian, mari sama-sama kita budayakan hidup sehat dimulai dari diri sendiri. (arguanda pribadi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00