Penjual Rokok Ilegal Berpotensi Sebagai Pelanggar Pidana

KBRN,Medan : Hisar Dohardo selaku pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama Teluk Nibung mengatakan pengedar atau penjual rokok ilegal termasuk melakukan pelanggaran yang dapat berpotensi sebagai pelanggaran pidana. 

“Sanksi untuk pelanggaran tersebut mengacu pada Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai,” kata Hisar Dohardo selaku pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama Teluk Nibung, dalam acara Numpang Nampang Pro 2 FM RRI Medan , di Medan, Selasa (12/9/21) pagi.

Hisar Dohardo menjelaskan dalam Pasal 54 dan Pasal 56 tertulis jelas pidana bagi mereka yang  melanggar ke bea cukaian tersebut  dengan hukuman pidana penjara atau denda  dengan nilai tukar yang harus dibayarnya.

“Sedikitnya dikenai hukuman penjara 5 tahunan dan denda 10 kali nilai cukai,” ujarnya.

Untuk diketahui Kegiatan utama dari Bea Cukai Teluk Nibung adalah melayani kegiatan Ekspor dari Pelabuhan Teluk Nibung menuju Port Klang, Malaysia. Sehubungan dengan maraknya peredaran rokok ilegal di daerah-daerah, Bea Cukai Teluk Nibung rutin melakukan operasi gempur dalam memberantas peredaran barang kena cukai ilegal tersebut. (Arguanda Pribadi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00