Harga Gabah di Tapteng Mengalami Penurunan

KBRN, Tapteng:  Harga jual gabah kering panen (GKP) di Kabupaten Tapanuli Tengah mengalami penurunan secara cukup signifikan. Penurunan ini diprediksi terjadi karena melimpahnya pasokan gabah di tengah panen raya yang tengah terjadi di sentra pertanian padi sawah di Tapanuli Tengah.

Resbin Situmeang salah satu pengepul gabah kering di Tapanuli Tengah menyatakan, saat ini harga gabah kering panen berada sekira Rp 4100/kg, Turun Rp500-Rp600/kg dibanding musim panen sebelumnya yang bisa mencapai Rp4600-Rp4700/kg.

"Saat ini kita beli  gabah kering panen dari petani seharga  Rp 4100/kg. Jatuh turun dibandingkan musim panen lalu," ujar Resbin, Kamis (21/1/2021).

Adapun saat ini sentra pertanian padi sawah seperti kecamatan Kolang, Tapian Nauli dan Sibabangun serta diwilayah lainnya di Tapteng sedang mengalami panen raya. Selain itu di Kabupaten Mandailing Natal dan Aceh yang selama ini menjadi sasaran utama pengiriman gabah kering panen dari Tapteng, juga tengah mengalami panen raya.

"Saat ini sedang panen raya disejumlah daerah, sehingga wajar harga anjlok" sebut Resbin.

"Harga gabah kering panen diprediksi masih akan mengalami penurunan seiring panen raya akan segera tiba didaerah lainnya  Seperti di kecamatan Sorkam dan Sorkam Barat," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00