Harga TBS di Tapteng Tembus Rp1.850/kg

KBRN, Tapteng: Harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, mengalami kenaikan di awal tahun 2021 ini. Saat ini harganya berada di kisarakan Rp1.850 per-kilogram (kg).

Pengepul sawit di Kecamatan Sorkam, Martahi Silaban, kepada RRI mengatakan jika harga TBS kelapa sawit saat naik sebesar RP300/kg dari sebelumnya yang hanya Rp1.550 per/kg.

"Sudah sejak awal tahun ada kenaikan harga. Saat ini di tingkat petani mencapai Rp1.850 per/kg. Kenaikan ini disinyalir terjadi karena tingginya permintaan sejumlah pabrik kelap sawit," sebut Martahi, Selasa (12/1/2021). 

Dia menambahkan meski harga sawit mengalami kenaikan namun belum mampu mendongkrak penghasilan petani karena kondisi tanaman kelapa sawit saat ini mengalami musim treck buah sehingga jumlah hasil produksi panen anjlok hingga 50% dari biasanya.

"Harga naik, tapi produksi kita menurun hingga 50 persen. Sedang musim treck buah," terangnya. 

Lebih jauh Martahi mengatakan harga sawit diprediksi masih akan mengalami kenaikan disebabkan musim treck buah sawit masih akan berlangsung hingga bulan Maret mendatang.

"Kenaikan harga  itu sesuai dengan harapan petani sebab selain getah karet sawit merupakan komoditi utama bagi petani di Tapteng untuk menutupi biaya kebutuhan hidup keluarga" tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00