Ekspor Porang Sumut Capai Rp19,1 Miliar

Petani sedang mengolah porang (ilustrasi/Int)

KBRN, Medan: Kegiatan ekspor komoditi porang asal Sumatera Utara terus menggeliat. Sepanjang tahun 2020 kemarin realisasinya bahkan telah mencapai Rp19,1 miliar 

Kepala Balai Karantina Pertanian Belawan, Hasrul, mengungkapkan jika sepanjang tahun 2020 lalu mereka telah memfasilitasi kegiatan ekspor Porang asal Sumatera Utara sebanyak 861 ton. Ini jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya seiring dengan meningkatnya jumlah produksi petani di Sumatera Utara.

Komoditi umbi-umbian tersebut utamanya di ekspor ke China, Thailand, Jepang dan Vietnam.

Saat ini, kata Hasrul, Balai Karantina tengah fokus mendampingi para petani untuk melatih mereka memproduksi porang sesuai dengan standar ekspor. 

"Sehingga produk tersebut nantinya bisa diterima di pasar internasional dengan harga yang baik," sebut Hasrul, Minggu (3/1/2021)

Selain kualitas produksi, Hasrul juga menyebut pihaknya tengah mendorong kuantitas produksi Porang di Sumut. Yakni dengan penyediaan lahan baru untuk membudidayakan komoditi tersebut. Sejauh ini sudah ada ratusan lahan porang di Sumut baik yang sudah memproduksi dan yang digunakan untuk pembibitan. 

"Lahan tersebut tersebar di antaranya di Langkat, Tapanuli Selatan dan Padang Sidimpuan," terangnya.

Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air dan juga pengental. 

Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental. Bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang. 

Harga Porang saat ini juga cukup bagus. Untuk bibit Porang bisa mencapai 5 ribu perkilogram. Sedangkan harga Porang siap olah mencapai 20 ribu perkilogramnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00