Warga di Gunungsitoli Kembangkan Budidaya Ikan Lele Secara Polikultur

KBRN, Gunungsitoli: Pemerintah Desa Iraonogeba, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menyalurkan bantuan ikan lele kepada seluruh warganya. Penyaluran bantuan dilakukan pada Jumat (27/11/2020).

Kepala Desa Iraonogeba, Tonazaro Telaumbanua, mengatakan bahwa bantuan  ikan lele tersebut sebanyak 60 ekor per-keluarga. Selain benih ikan lele ikut pula disalurkan pakan ikan serta ember dan kangkung.

Pemerintah Desa Iraonogeba memprogramkan budidaya ikan lele tersebut, sesuai yang telah tertampung  pada APBDES Desa Iraonogeba bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli.

“Budidaya ikan lele tersebut tidak dalam bentuk kolam, melainkan dalam wadah ember ditanami dengan tanaman sayuran kangkung,  sehingga menjadi hiasan rumah dan setelah berhasil dapat panen ikan dan juga sayurnya. Terang, Tonazaro.

Program tersebut belum terlaksana tahun sebelumnya mengingat dana desa lebih mengarah pada pembangunan fisik namun untuk tahun 2020 ini, lebih besar pada pemberdayaan sehingga pemerintah Desa Iraonogeba, membuat satu program sebagai contoh di Desa Lainnya di Kota Gununsgitoli tentang budidaya ikan lele .

Hal ini sangat sesuai dengan program pemerintah pusat tentang penanggulangan stunting, karena dengan adanya budidaya ikan lele dan sayur kangkung dapat menambah gizi masyarakat.

“Tata cara budidaya ikan lele ini, sudah di ketahui oleh masyarakat Desa iraonogeba, karena sebelum pembagian bibit ikan lele serta fasilitas lainnya sudah di laksanakan pelatihan kepada masyarakat oleh Pemerintah Desa Iraonogeba” ujar Tonazaro.

Tonazaro berharap, agar bantuan yang telah di berikan kepada masyarakat Desa ironogeba dapat di pelihara dan 2 minggu kedepan dari Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli  melalui penyuluh  perikanan akan memantau bibit ikan dan sayuran yang telah di bagikan kepada masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00