Gubernur Sumut apresiasi  program digitalisasi UMKM Grab di Masa Pandemi. 

KBRN , Medan  :  Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi langkah Grab  dalam  meluncurkan solusi digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Terus Usaha pada masa Pandemi di Medan.

"Program itu diharapkan bisa membantu UMKM di Sumut yang memang lagi terpuruk akibat pandemi COVID-19," ujar Edy  pada acara  Webinar  Peluncuran Program  Terus Usaha untuk Digitalisasi UMKM Sumut  yang diselenggrakan Grab di Medan, Selasa (11/8) .

Menurut  Gubernur, Pemerintah Provinsi Sumut sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu UMKM bangkit lagi di Era Normal Baru setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19 yang juga masih berlangsung.  " Dalam refocusing tahap II , Pemprov Sumut  mengucurkan Dana untuk membantu UMKM dan menggerakkan sektor ekonomi lainnya"  kata Gubsu.

 Gubsu Edy  mengaku ,  dalam  menggerakkan Perekonomian , Pemerintah tidak bisa sendiri, , , masih perlu   dukungan  dan kerjasama   pihak lain , termasuk swasta seperti Grab. 

 Dalam  Webinar itu Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Edliaty Siregar, yang hadir sebagai pembicara  juga mengapresiasi Program  Terus Usaha untuk Digitalisasi UMKM Sumut   yang digagas  Grab itu.

Menurut Edliaty, Pemerintah Kota  Medan, juga sudah melakukan berbagai cara untuk mendorong perkembangan UMKM  dimasa Pandemi, Seperti membantu mempermudah penerbitan izin usaha agar pelaku UMKM terus bertumbuh di Kota Medan.

Head of West Indonesia Grab Indonesia, Richard Aditya, menjelaskan, program Terus Usaha Grab yang diluncurkan  mencakup enam solusi yang didedikasikan membantu UMKM agar dapat beradaptasi dan berkembang di era normal baru, " Diantaranya  Program yang mendukung inisiatif Bangga Buatan Indonesia milik pemerintah , mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM."  Jelasnya.

Kemudian iklan gratis guna membantu meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan.  Selain  Portal yang dirancang khusus bagi UMKM yang berisikan tips dan juga pengetahuan lainnya agar pengusaha dapat mengembangkan bisnisnya.

Di Medan, Ujar  Richard ,  Grab  telah mendigitalisasi enam pasar tradisional melalui layanan GrabMart agar mereka para pelaku Pasar  dapat tetap melayani pelanggan yang kebanyakan beraktivitas dari rumah.

"Sektor UMKM di Sumut merupakan tulang punggung perekonomian lokal dengan kontribusi ekonomi sebesar 67 persen sehingga Grab mendukung penuh perkembangan UMKM," ujar Richard. 

Dukungan kepada seluruh UMKM di Sumatera Utara sangat perlu dilakukan untuk memastikan mereka dapat bertahan, mengingat kontribusi ekonomi sektor ini yang sangat signifikan.  "Dengan adanya perubahan perilaku dan kebiasaan konsumen di masa pandemi, digitalisasi menjadi sangat mendesak. Program  Terus Usaha yang sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood kami harapkan dapat memberikan solusi konkret dan juga membawa semangat baru bagi para pelaku UMKM untuk bangkit dan menyongsong era tatanan kehidupan baru ini," jelasnya.

Kerjasama   Grab dengan Pemerintah  akan terus ditingkatkan , bahkan Hingga saat ini, Grab sudah bekerja sama dengan sekitar 20 Pemda  di Seluruh Indonesia untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM. ( Rahmi Siregar ) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00