Bulog Perkuat Stok Gula Sumut Jelang Natal dan Tahun Baru

KBRN, Medan:  Perum Bulog Sumatera Utara terus memperkuat stok gula untuk menjaga ketersediaan menjelang Natal dah tahun baru.

Pemimpin Wilayah Sumut Perum Bulog, Arif Mandu di Medan, Rabu (6/10/2021), mengatakan ada 274,67 ton stok gula, terdiri atas 228,20 ton di gudang Bulog Sumut dan 46,47 ton di gudang pusat penjualan Bulog. Stok itu diyakini mencukupi untuk kebutuhan di Sumut beberapa bulan ke depan.

"Bulog Sumut akan terus memperkuat stok khususnya untuk Natal dan tahun baru di mana permintaan biasanya meningkat," katanya.

Ketersediaan yang mencukupi diharapkan bisa menjaga kestabilan harga gula atau di bawah harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500.

Di pasar, harga gula semakin stabil setelah sebelumnya rata-rata sedikit di atas HET atau Rp13.000 per kg.

Meski nantinya, harga gula semakin dan bertahan stabil, ujar Arif Mandu, tidak tertutup kemungkinan Bulog melakukan stabilisasi harga atau melakukan operasi pasar (OP) khususnya mendekati Natal dan tahun baru 2022 guna memastikan kestabilan harga.

Arif Mandu menjelaskan, pantauan di pasar selain stok BULOG, stok gula dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II juga sangat memadai.

Di pasar modern, gula produksi PTPN2 itu juga terlihat tersedia dengan harga jual di bawah HET.

"Melihat ketersediaan yang memadai itu, Bulog semakin yakin kestabilan harga gula di Sumut terjamin atau di bawah HET," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00