Barang Domestik yang Dibongkar di Pelabuhan Belawan Naik 41,49 Persen

KBRN, Medan:  Jumlah barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, terus meningkat sebesar 41,49 persen menjadi 1.702.257 ton hingga Agustus 2021.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) Syech Suhaimi di Medan, Kamis (7/10/2021) mengatakan kenaikan itu berdasarkan perbandingan pada periode sama tahun 2020.  Januari - Agustus 2020 jumlah barang domestik yang dibongkar mencapai 1.203.110 ton.

Meningkatnya volume barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan mengikuti membaiknya perekonomian nasional.

Menurut Suhaimi, barang yang dibongkar itu untuk kebutuhan industri dan konsumsi di Sumut, bahkan provinsi lain di sekitar Sumut.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba, mengakui geliat industri di daerah itu mulai membaik, meski belum maksimal karena pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Industri tersebut di antaranya, industri minyak sawit, karet dan barang dari karet, serta produk makanan dan minuman.

Selain untuk Sumut, lanjut Parlindungan, barang yang dibongkar di Pelabuhan Belawan merupakan barang untuk provinsi lain. 

"Seperti diketahui, Sumut memiliki peranan besar mendukung perekonomian di kawasan Sumatera seperti Aceh, Sumatera Barat, dan Riau," ujar Parlindungan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00