Realisasi Anggaran Covid-19 Baru 50 Persen, Edy Rahmayadi : Pengelola Anggaran Takut

KBRN, Medan : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan pengelola anggaran di Sumut untuk tidak takut dan ragu dalam menggunakan anggaran. Apalagi anggaran untuk penanganan Covid-19, agar hasilnya dapat dirasakan masyarakat.

Edy meminta realisasi anggaran penanganan Covid-19 agar secepatnya dilakukan. Hingga 18 September 2021 Sumut telah merealisasikan anggaran Covid-19 50,7%  atau sekitar 87,2 miliar.

“Ini yang pengelola anggaran banyak takut dan ragu. Seperti kata Kapolda dan Kajati, bila tidak ada kesengajaan dan kelalaian dalam menggunakan anggaran ini maka tidak ada yang perlu ditakutkan,” tegas Edy Rahmayadi pada Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM dan Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19 se-Sumut di Medan, Senin (27/9/2021).

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Sumut Irjen Pol. R.Z Panca Putra Simanjuntak menegaskan telah memerintahkan kepada jajarannya untuk mendampingi kepala daerah dalam merealisasikan anggarannya. Dengan begitu diharapkan terhindar dari tindakan Korupsi Kolusi dan Nepotisme.

Menurut Panca, Polda Sumut dalam bertindak tidak langsung melakukan penangkapan, ada tahapan seperti upaya awal, upaya preventif, memberi warning, evaluasi kemudian penegakan hukum.

“Sudah saya sampaikan kepada bawahan saya jangan menakuti-nakuti, dampingi. Kalau ada yang main-main boleh disampaikan kepada saya. Ini demi kemajuan perekonomian Sumut, demi kesejahteraan rakyat. Kita juga dalam bertindak tidak mungkin langsung tangkap ada upaya-upaya yang dilakukan sebelumnya,” tegas Panca.

Sementara itu, Kajati Sumut IBN Wiswantanu mengatakan upaya pemulihan ekonomi dilakukan dengan tetap menekan penyebaran Covid-19. Protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi saat ini menjadi senjata utama dalam menekan penyebaran penyakit ini.

“Saat ini kita tidak ada lagi yang level 4, tetapi itu jangan membuat kita lengah karena untuk memulihkan ekonomi kita tetap harus mengendalikan penyebaran covid-19,” tambahnya.

Rakor ini dihadiri secara fisik Kepala Daerah se-Sumut bersama dengan unsur Forkopimda. Selain itu juga hadir secara virtual Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing kabupaten/kota dan juga lembaga pemerintah terkait lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00