Tanaman Padi Di Sergai Diserang Hama Wereng

KBRN,Sergai:Hama Wereng Batang Coklat  mulai menyerang ribuan hektar tanaman padi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai .

Ribuan tanaman padi di Serdang Bedagai pada musim tanam tahun ini diserang hama wereng batang coklat dan sebagian besar diperkirakan akan gagal panen, sementara dinas terkait menghimbau para petani untuk ekstra perhatian dalam bercocok tanam pada musim tanam 2021. “ Seperti yang dialami petani Slamet di Paya Lombang Kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Serdang Bedagai “ Jumat ( 23/7/21)

“ Sebagian petani yang sudah gagal panen hanya mendapatkan hasil panen sekitar 25 persen dari hasil  panen normal, sedangkan sebagian besar diperkirakan gagal panen . menurut para petani hancurnya gagal tanaman padi mereka  disebabkan hama komplikasi , yakni hama wereng, batang coklat yg menyerang batangnya hingga kering.Hama kepinding  yg menyebabkan tanaman mati total dan serangan walang sangit yg menyebabkan bulir padi mengering , serangan hama kali ini didominasi serangan hama wereng batang coklat.

Menurut Slamet musim  tahun ini mendapatkan satu karung setiap rantenya dimasa normal dapat mencapai 4 karung setiap rante. Hal ini tentu disebabkan hama wereng serta pola tanam empat kali dalam setahun, sesuai instruksi Dinas pertanian dan pola tanaman tidak serentak  dibeberapa kecamatan yg ada didekatnya.         

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00