Belajar Dari India Tegakkan Prokes, Waspada Varian Baru Corona

covid_191.jpg

KBRN , Medan : Bencana Pandemi Covid-19 belum terlihat ada tanda-tanda berakhir. Beberapa daerah yang sebelumnya  sudah  mengalami penurunan , kini malah Kasusnya  mulai meningkat menjelang lebaran. Hal ini tentu menjadi perhatian dan pembelajaran bagi  semua Pihak , tidak hanya Pemerintah  Tim Satgas, tapi seluruh lapisan masyarakat.

Ditengah  upaya  Pemerinah untuk  meminimalisi penularan  Virus corona  covid 19  asal Tiongkok Cina  yang telah banyak menelan korban jiwa dan berdampak pada  berbagai sendi kehidupan  masyarakat , saat ini Muncul lagi  ancaman  Virus Corona varian baru asal India.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan varian baru Covid-19  yang terbagai dalam  kategori B 1617 dan B 1618 dari India lebih  ini cepat menular dan fatal.

Di India Negeri Asal  Covid 19 varian baru ini Jumlah kematian melonjak melewati 200.000 pada hari Rabu  karena kekurangan oksigen, persediaan medis dan staf rumah sakit  terbatas sehingga menambah rekor jumlah kasus baru virus di negara itu.

Gelombang kedua infeksi COVID-19 di India telah membuat setidaknya 300.000 orang per hari dites positif selama seminggu terakhir, membanjiri fasilitas kesehatan dan krematorium, dan mendorong respons internasional yang semakin mendesak.

Untuk mencegah mengantisipasi penyebaran varian baru virus Corona dari India ini  pemerintah melalui Kemenkes , telah melakukan sejumlah upaya, diantaranya menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas (untuk warga negara India) dan menolak masuknya orang asing Indonesia . mmemperketat  Protokol kesehatan di pintu kedatangan Bandara Dan pelabuhan internasional.

Meskipun demikian potensi masuknya  virus corona baru  dari Negara India itu harus tetap diwaspadai ,  karena jika dilihat dari gejalanya, varian B1617 dan B1618 memiliki gejala yang sama dengan varian Covid-19 lainnya.  yang membedakan, varian ini tak hanya menular lebih cepat tetapi juga memengaruhi tingkat keparahan penyakit yang lebih fatal. Pasalnya  jika  terpapar varian ini akan mudah  jatuh  ke gejala sedang dan berat, meski saat didiagnosis hanya mengalami gejala ringan.

Berdasarkan data  Kementerian Kesehatan sudah ada 10 orang  di Indonesia dilaporkan  terpapar varian baru virus Corona B1617 asal India itu ,  6 di antaranya adalah impor masuk dari luar negeri, sedangkan 4 lainnya  tertular  lewat transmisi lokal,  terdiri dari dua orang di Sumatera, satu orang di Jawa Barat, dan satu orang di Kalimantan Selatan.

Fakta tersebut diatas  mengharuskan  kita untuk meningkatkan Kewaspadaan  terhadap Penularan Covid 19 varian Baru itu  ,  dengan tetap  menerapkan Protool kesehatan 5 M yakni  Memakai masker,. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,. Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan  Membatasi mobilisasi dan interaksi dalam  kehidupan sehari hari.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00