HKBN dan Negara Ring Of Fire

Foto Ist: simulasi bencana

KBRN, Medan: Indonesia  disebut sebagai negara ring of fire. Karena wilayah negara ini dilingkupi dengan berbagai potensi bencana alam. Ibarat sebuah pertandingan sepakbola, untuk memenangkan  pertandiangan dibutuhkan latihan.

Analog itu sesuai dengan potensi bencana di Indonesia. Untuk meminimalisir dampak bencana baik harta maupun jiwa diperlukan kesiapsiagaan.  Sehingga mengapa setiap tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana  Nasional (HKBN). Tahun 2021 ini merupakan tahun ke lima HKBN diperingati

HKBN dicetuskan dengan tujuan mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan kesiapsiagaan bencana secara serentak.

HKBN sekaligus sebagai titik awal perubahan paradigma dan mengubah cara pandang menyikapi bencana, yang semula respons menuju paradigma pengurangan risiko bencana.

Adanya peringatan tersebut diharapkan akan membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarkat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Tangguh Bencana harus dimulai dari diri sendiri atau mandiri. Masyarakat yang selamat dari bencana sebagian besar karena bisa menyelamatkan diri sendiri. Masyarakat harus memahami bencana yang akan dihadapi seperti banjir, gempa bumi, letusan gunung api serta puting beliung. Bencana tak dapat dielakkan, yang bisa kita lakukan adalah merawat lingkungan serta kesiapsiagaan.

Editorial ditulis oleh: Fetika Andriyani

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00