Mengejar Prestasi Pencak Silat Di Ajang PON Papua

pencak_silat.jpg

KBRN , Medan : Pemerintah  memastikan Pelaksanaan  Pekan Olahraga Nasional (PON)  ke  XX Papua  akan digelar mulai tanggal 2 s/d 15 Oktober 2021 mendatang,   setelah sebelumnya  di tahun 2020  sempat tertunda kerena  merebaknya  pandemi Covid  19.   Dalam parhelatan akbar  PON  Papua ini    Provinsi Sumatera Utara ,  mengirimkan  195  atlet  terbaik dari 28 Cabang  Olah Raga  yang akan   ikut berlaga di  ajang  kompetisi bergengsi 4 tahunan itu, termasuk  cabang Olah Raga Pencak Silat.

Pencak Silat seni bela diri tradisional yang banyak diminati masyarakat Indonesia ini menjadi salah satu cabang olahraga  yang akan diikuti  para  Alit  Sumut ke  PON Papua.

Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Utara , Hj Dahliana mengatakan 9 pesilat Pengprov Sumut berhasil lolos  ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Selain 9 atletnya lolos,  kata Dahliana, pada babak kualifikasi Pra-PON pencak silat yang berlangsung di Jakarta 13-17 November 2019  lalu , Kontingen IPSI Sumut juga berhasil memboyong dua medali emas, empat perak dan dua perunggu.

Dengan torehan total medali itu, Sumut menduduki peringkat keempat, di bawah Yogyakarta, Banten dan Sumatera Barat .

Meskipun demikian , untuk  persiapan  menuju  PON ke 20  Papua,   ke 9  atlet yang  lolos  seleksi itu  terus dilanjutkan mengikuti program Pemusatan Pelatihan Daerah (pelatda)  karena ajang  konpetisi PON 2021ini   tentu akan lebih berat dari  kejurnas Pra PON.

Untuk itu Dahliana mendorong para atlet  pencak silat  Sumut bisa berlatih maksimal dengan memanfaatkan waktu yang ada ,  dengan  harapan  , ke 9 para pesilat Sumut yang lolos ke PON Papua dapat  memboyong dan  menyumbangkan medali emas bagi Sumut.

Prestasi yang lebih baik harus mampu ditorehkan atlet silat Sumut, sebab berkaca dari PON Jawa Barat 2016 lalu , Sumut hanya mampu meraih lima medali perunggu.  Untuk PON  tahun ini  peluang   untuk mendapatkan  medali emas  bagi  9 atlet Sumut   masih terbuka lebar , jika latihan dilakukan dengan maksimal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00