Kartini Modern Di Tengah Pandemi

foto:ilustrasi

KBRN, Medan: Perayaan Hari Kartini selalu diperingati setiap 21 April. Hari nasional ini didedikasikan sebagai hari peringatan tokoh Pahlawan Nasional, Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat (Kartini). Alasan 21 April yang dipilih sebagai hari nasional karena tanggal tersebut merupakan hari lahir Sang Pahlawan Nasional, yaitu 21 April 1879.

Perayaan Hari Kartini tahun ini cenderung tidak akan diwarnai dengan parade  atau mengenakan pakaian adat bagi siswa-siswi sekolah. Pandemi COVID-19 yang mewabah di Indonesia sejak 2020 membuat masyarakat sebisa mungkin menjaga jarak satu sama lain.

Namun Pemikiran, gagasan dan semangat RA Kartini tampaknya masih relevan dengan kondisi saat ini. Apalagi di tengah pandemi COVID-19, dibutuhkan semangat untuk tetap bertahan.

Seperti kutipan RA Kartini yang menyebutkan "terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu".Ungkapan RA Kartini tepat menggambarkan kondisi saat ini, didera Covid 19 telah membuat hampir semua sendi kehidupan berubah termasuk kalangan perempuan, kiprahnya terbatasi karena Covid 19.

Namun semangat RA Kartini yang pantang menyerah merubah paradigma relevan. Bahwa kaum wanita harus berjuang pada bidangnya masing masing.

Ungkapan Kartini habis gelap terbitlah terang. Menjadi momentum sebuah harapan yang lebih baik dibalik semua pandemi COVID-19 ini, Selamat Hari Kartini.

Editorial ditulis oleh: Fetika Andriyani

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00