Ketersediaan Pangan Jelang Bulan Ramadhan

stok_beras_bulog.jpg

KBRN, Medan : Tingginya permintaan masyarakat  terhadap berbagai Kebutuhan Pokok khususnya pangan  saat menjelang Ramahdan  hingga hari Raya Idul Fitri  yang memicu Kenaikan   harga  di pasar , kerap terjadi setiap tahunnya .

Meskipun  Pemerintah  berupaya untuk  tetap menjaga kestabilan  harga komoditas pangan , namun banyak faktor yang menyebabkan  kenaikan harga  pada moment jelang  Puasa Ramadhan itu  harus segera diatasi dan dicari Solusinya.

Biasanya  beberapa komoditas  seperti  cabe ,  bawang , Daging  telur  atau minyak goreng  dan  tepung terigu ,     akan  mengalami kenaikan   yang disebabkan  kurangnya pasokan  ke tingkat Pedagang di Pasar .   Hal ini  tentu harus menjadi Perhatian Pemerintah  untuk menjamin     ketersediaan Stok, dan mengawasi  rantai  distribusi pasokan  agar  tetap aman  lancar.

Karena  Bukan tidak mungkin , ada  pihak atau oknum pelaku pasar yang memanfaatkan momentum jelang Puasa ramadhan ini untuk  mencari keuntungan .  oleh karena  Pengawasan  dari  Instasi terkait dan Tim satgas pangan  perlu ditingkatkan, sehingga tidak terjadi  gejolak harga pasar yang menyulitkan masyarakat di tengah kondisi perekonomian yang tidak pasti akibat pandemi sekarang ini.

Untuk Wilayah  Sumatera Utara   , Bulog  telah memastikan Stok  ketersediaan  kebutuhan pangan masih mencukupi menjelang Ramadhan 1442 Hijriah, bahkan    3 bulan kedepan masih aman . Kepala  Bulog Wilayah Sumut -Arif Mandu  mengatakan   stok beras   yang ada di gudang bulog Sumut  masih tersedia 11 ribu 400 Ton

Selain stok beras, Arif juga menyebutkan  ketersediaan pangan lainnya yang ada di Perum Bulog seperti gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging beku juga aman menjelang Ramadhan. Sementara  untuk gula pasir dan daging beku, akan ada penambahan  dan  saat ini masih dalam pengapalan  dari  jawa Tengan dan Jakarta.

Namun Demikian  masyarakat tentu menaruh harapan , agar  pemerintah  dan para pelaku Pasar  dan staholder lainnya  untuk tetap menjaga kestabilan  stok  dan harga bahan kebutuhan pokok yangwajar   mereka dapatkan di pasar

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00