Kenaikan Gaji Guru Bantu Daerah Di Nias Utara Ditunda

KBRN, Gunungsitoli : Kenaikan  Honor Guru Bantu Daerah (GBD) yang di rencanakan tahun 2021, di tunda oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara Elianus Harefa S.Pd mengatakan, penundaan Kenaikan Honor GBD tersebut mengingat adanya pemotongan anggaran untuk penanganan Covid 19.

"Sesuai rencana sebelumnya bahwa Honor GBD yang tertampung melalui APBD 2021, sebesar 1 juta 500 ribu rupiah, dan mengingat adanya pengurangan maka di sesuaikan dengan honor tahun 2020 sebesar 1 juta perbulan perorang,” terang Elianus Minggu (7/3/2021).

Recofusing anggaran tersebut Berdasarkan surat edaran Menteri Keuangan RI, Nomor SE-2/PK/2021 tentang penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah dan dana desa tahun 2021.

Pemerintah harus melakuka pengurangan melalui Honor GBD karena salah satu solusi untuk penanganan Covid 19 yang di sesuaikan dengan ketentuan dari Pemerintah Pusat.

Selain pengurangan anggaran dari Dinas Pendidikan juga dari OPD lainnya di Kabupaten Nias Utara seperti pengadaan Alat kantor, pemeliharaan gedung kantor, dan pengadaan meubiler .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00