Stock Beras Premium Bulog Gunungsitoli Mencukupi

KBRN, Gunungsitoli: Beras merupakan komoditas pangan utama masyarakat Indonesia. Hampir semua masyarakat mengkonsumsi beras setiap harinya.

Hal ini menyebabkan komoditas beras memiliki nilai yang sangat strategis, selain karena menguasai hajat hidup orang banyak, juga dapat dijadikan parameter stabilitas ekonomi dan sosial negara. Apabila terjadi kelangkaaan atau tidak terpenuhinya kebutuhan beras pada masyarakat, akan berdampak pada inflasi dan gejolak sosial. 

“Jadi dalam menjalankan peran di wilayah Kepulauan Nias, Bulog sebagai BUMN yang memiliki tugas PSO/ public service obligation/ kewajiban pelayanan public, mengemban amanah untuk menjaga stabilitas harga beras dengan melakukan operasi pasar/OP pada saat dibutuhkan,” ungkap Deni Jose Swandi Manik Kepala Perum Bulog KCP Gunungsitoli, Sabtu (06/03/2021).

Terkait komoditas beras, untuk saat ini, ketersediaan stok beras di gudang Bulog Gunungsitoli terdiri dari beras Dalam Negeri/DN dan beras Luar Negeri/LN, dengan komposisi sebagian besar merupakan beras DN 2020.

Pengadaan beras DN BULOG diperoleh melalui pembelian langsung dari penggilingan padi beras lokal unggulan produk UPGB/Unit Penggilingan Gabah Beras BULOG, sementara Pengadaan beras LN diperoleh melalui impor beras dari Thailand. 

“Dalam data penyebaran stok komoditi per 4 Maret 2021, kita punya stok beras medium DN 2020 sebanyak 650 ton, premium LN 5 persen 465 ton, total seribu 115 ton,dan untuk beras komersil tersedia 120 ton kategori beras premium 2021 15 persen. Sedangkan untuk persediaan beras dalam perjalanan/ luar gudang sebanyak 150 ton,” ujar Deni Jose .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00