Waspada, Pasien Diare Meningkat di RSUD M. Thomsen Nias

dr. Taty Ziliwu, dokter anak di RSUD M. Thomsen Nias

KBRN, Gunungsitoli: Sedikitnya 5 orang Balita tercatat di RSUD M.Thomsen Nias meninggal dunia akibat Diare. Hal tersebut merupakan  Kasus Luar Biasa (KLB) serta dinyatakan sebagai wabah yang harus diwaspadai.

Dokter anak di RSUD M.Thomsen Nias, dr. Tati K Ziliwu, mengatakan, saat ini tengah merawat belasan orang anak yang menderita Diare. Bahkan diantaranya ada yang komplikasi penyakit lain seperti demam.

"Sejak Januari, pasien yang tertinggi atau pasien yang paling banyak kami rawat di ruangan anak adalah penderita Diare. Ini sangat banyak sekali. Loncatannya sangat tinggi," ujar dr. Tati K Ziliwu Kamis (04/3/2021).

Dijelaskan Januari hingga Februari 2021, jumlah pasien penderita diare melonjak tinggi hampir 40 orang lebih

"Ini sudah wabah dan perlu kita waspadai bersama terutama kepada para ibu-ibu yang memiliki anak-anak balita. Terkait dengan ini, kembali kepada kebersihan dan kesadaran masyarakat," harapnya.

Sementara itu, penyebab diare, lanjut dr. Tati, yang terbanyak adalah karena virus disusul bakteri atau jamur. Kasus meninggalnya anak Balita tersebut karena saat datang ke rumah sakit sudah dehidrasi berat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00