Perkuat Kolaborasi Mebidangro, Bobby Target Masalah Infrastruktur di Medan Rampung 2 Tahun

KBRN, Medan: Pemerintah Kota Medan akan memperkuat kolaborasi kawasan Medan Binjai, Deli Serdang, Karo (Mebidangro) dalam membangun Kota Medan menuju kota metropolitan.

Hal tersebut disampaikan Walikota Medan Bobby Afif Nasution dalam rapat paripurna penyampaian pidato perdana walikota dan wakil walikota Medan periode 2021-2024, di Gedung DPRD Medan, Jumat (26/2/2021). Dikatakan Bobby, demi mempercepat menuju kota metropolitan, Pemko Medan harus berkolaborasi dengan kawasan Mebidangro termasuk menghilangkan egosentris lembaga/ kewilayahan. Hal itu dilakukan dalam usaha mempercepat pembangunan Kota Medan dan menyelesaikan permasalahan yang belum tuntas.  

“Hari ini tidak ada yangmenjadi super hero. Pemko Medan harus berkolaborasi, kita hilangkan egosentris lembaga kota Medan agar kita semua bisa berjalan sehingga kita ke depan bisa membuka pikiran agar bisa menghilangkan egosentris kewilayahan. Mebidangro sudah lama dicanangkan. Banyak kerja sama (kolaborasi) yang bisa dihasilkan apabila mebidangro ini benar – benar bisa kita laksanakan,” ucap Bobby.

Menurut Bobby, kolaborasi Mebidangro bisa mengatasi sejumlah masalah krusial yang terjadi di Medan selama ini, seperti permasalahan banjir. Bahkan Bobby menjamin Pemko Medan siap untuk menjadi inisiator utama dalam membangun kolaborasi Mebidangro. “Ini kunci utama untuk kita bisa menyelesaikan masalah banjir di Kota Medan caranya berkolaborasi dengan daerah sekitar atau hulu yang mana Medan ini sebagai daerah hilir aliran sungai. Ini perlu kerja sama pemerintah provinsi untuk mendapat support dari pemerintah pusat,” optimis mantu presiden ini.

Selain banjir, masalah kebersihan Kota Medan juga turut menjadi prioritas kepemimpinannya. Dikatakan Bobby, yang menjadi kunci permasalahan sampah di Medan saat ini ada pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dinilai sudah tidak layak. “Kita ingin sekali TPA bisa menjadikan Sanitary Landfell. ke depannya apabila berkolaborasi dengan jumlah tonase yang cukup apabila digabungkan dengan jumlah sampah yang ada di Medan , Binjai, dan Deli Serdang saya optimis bisa dijadikan sebuah energi yang baru dan dimanfaatkan tonase menjadi nilai ekonomi,” kata Walikota.

2 TAHUN INFRASTRUKTUR SELESAI

Tidak hanya fokus pada masalah banjir dan sampah di Medan, pembangunan infrastruktur juga menjadi program prioritas. Terutama pembangunan infrastruktur jalan Kota, Provinsi, dan nasional. Bobby bahkan berjanji permasalahan infrastruktur di Medan yang menjadi tanggung jawab pemko bisa diatasi dalam waktu hanya 2 tahun saja.

“Saya yakin kalau untuk permasalahan infrastruktur yang ditangani atau yang dipegang kota Medan, saya yakin 2 tahun ke depan masalah infrastruktur di Kota Medan bisa kami selesaikan,” janji Bobby.

Sementara untuk menyelesaikan masalah pandemi Covid -19 di Medan, walikota juga akan terus mempercepat penanganan penyebaran virus tersebut. Pihaknya siap menyukseskan program vaksinasi dengan imunitas massal bagi 70 persen warga Medan.  “Vaksinasi Covid -19 ini bisa kita sukseskan di Medan ke depannya. Imunitas massal di Medan harus kita capai minimal 70 persen,” jelas Bobby.

Dalam memaksimalkan roda perekonomian Kota Medan di Tengah pandemi Covid -19 saat ini, Bobby mencanangkan pengembangan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memiliki kekayaan kuliner yang mewakili etnis di daerah tersebut. Melalui keberagaman kuliner berbagai etnis itulah di masa kepemimpinannya, Medan akan menuju “The Kitchen Of Asia”.

Bobby juga mengajak Medan tidak hanya dikenal melalui kulinernya, namun juga situs – situs sejarah kota tua sebagai edukasi sejarah berdirinya kota Medan. Salah satunya adalah mempertahankan dan merawat keaslihan bangunan heritage dengan memanfaatkan kota tua sebagai kawasan pendestrian dan kawasan wisata seni serta kuliner. “Pemerintah Kota Medan bersama DPRD medan beserta seluruh Forkopimda harus tegas lagi, tidak ada lagi pergantian bentuk bangunan khususnya di kawasan heritage. Itulah budaya kita,” tegas Bobby.

Sementara Ketua DPRD Medan, Hasyim dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Walikota Medan Bobby Afif Nasution dan wakil walikota Medan Aulia Rachman, untuk periode 2021-2024. Hasyim berharap di bawah kepemimpinan mereka, Kota Medan bisa lebih maju dan sejahtera.

“Selamat kepada Walikota Medan baru Bobby Afif Nasution dan wakil Walikota Medan Aulia Rachman. Kami percaya di bawah kepemimpinan saudara, semoga Kota Medan semakin maju, sejahtera, aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat kota Medan,” ucap Hasyim.

“Kita yakin di bawah kepemimpinan Bobby sebagai walikota Medan, pemerintah kota akan sanggup membangun komunikasi dengan segenap unsur pimpinan dan anggota DPRD Medan sehingga timbul sinergi dan hubungan yang harmonis, demi menuju Medan yang baik dan berkah,” terang Hasyim. (Joko Saputra) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00