FOKUS: #VAKSIN COVID-19

48 Nakes di RSUP HAM Terima Vaksin Covid-19 

Salah seorang nakes di RSUPHAM disuntik vaksin. Foto : ist

KBRN, Medan : Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) melaksanakan vaksinasi Covid-19 perdana bagi para tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan tersebut, Selasa (19/01/2021). Sebanyak 48 nakes menerima vaksin Sinovac dari 52 orang yang terdaftar.  

Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP HAM dr Zuhrial Zubir SpPD K-AI menyampaikan, jumlah penerima vaksin pada hari pertama sebanyak 48 orang. 

“Untuk hari ini yang sudah terdaftar ada 52 orang, tetapi yang terlaksana nantinya ada 48 orang. Empat orang tidak bisa dilakukan vaksinasi, ada dua orang yang terkonfirmasi Covid-19, satu orang menunggu swab positif atau bukan, kemudian satu orang lagi berhalangan hadir,” jelasnya.

Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP(K) berharap program vaksinasi di RSUP HAM bisa berjalan lancar dan maksimal. 

“Kita selalu berhadapan dengan pasien yang kita tidak tahu apakah dia (terjangkit) COVID-19 atau tidak. Jadi harapan saya, (vaksinasi) ini bisa maksimal, kalau bisa 100 persen, terutama yang memang harus mendapatkan vaksin,” ucap Zainal.

Sementara itu, dr Johannes Harlan Saing SpA(K) menjadi tenaga kesehatan pertama yang menerima vaksinasi Covid-19 di RSUP HAM. Setelah melalui sejumlah pemeriksaan dan edukasi dari petugas vaksin, dokter spesialis anak tersebut disuntik vaksin dengan disaksikan langsung oleh jajaran direksi RSUP HAM. Setelah divaksin dan menjalani observasi selama 30 menit, dr Johannes mengaku tidak merasakan efek samping apapun.

“Harapan saya tentu (kondisi) ini berlanjut setelah 14 hari dilakukan, dan setelah itu saya mengharapkan efektivitas vaksin ini terjadi pada saya dan pada kita semua yang divaksinasi, sehingga bisa menjadi salah satu upaya untuk penanggulangan COVID-19 pada masa pandemi ini. Tapi, kita juga jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan,” ungkap dr Johannes.

Secara total, ada 1.719 tenaga kesehatan di RSUP HAM yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada tahap pertama. Rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini sendiri sudah menerima vaksin sebanyak 2.311 vial yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Stok vaksin ini juga digunakan untuk sekitar 300-an tenaga kesehatan dari fasilitas pelayanan kesehatan lainnya di Kota Medan yang akan mendapatkan vaksin di RSUP HAM. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00