FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pemkot Medan Targetkan Vaksinasi Covid-19 Selesai Tahun Ini

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendy (ist)

KBRN, Medan: Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah memulai vaksinasi Covid-19 pada 15 Januari 2021 kemarin. Mereka pun menargetkan proses penyuntikkan vaksin kepada seluruh wara kota, dapat dirampungkan di tahun ini juga. 

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendy, Selasa (19/1/2021). 

Menurut Edwin, dengan sarana dan prasarana yang mereka miliki, proses vaksinasi dapat dilaksanakan lebih cepat dari jadwal yang dibuat Pemerintah Pusat, yakni selama 15 bulan hingga jelang pertengahan tahun 2022 mendatang.

Meski begitu, sehubungan dengan jadwal kedatangan vaksin yang bertahap, mereka akan menyesuaikan jadwal vaksinasi sesuai dengan kedatangan vaksin tersebut.

"Dengan apa yang kita punya sekarang, kami berharap tahun ini seluruh warga Medan sudah disuntik vaksin," sebutnya. 

Proses penyuntikkan vaksin di Medan, kata Edwin, akan dilaksanakan di seluruh puskesmas yang ada di Medan. Selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan sebanyak 15 rumah sakit untuk menyalurkan vaksin tersebut.

"Rumah sakit yang dipilih untuk bekerjasama merupakan rumah sakit yang memiliki sarana pendukung penyimpanan vaksin," terangnya. 

Saat ini sendiri sudah ada 20 ribu vial vaksin yang diterima Pemerintah Kota Medan. Penyuntikkan perdana vaksin Covid-19 di Medan telah dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Medan, Wiriya Alrahman. Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution yang sedianya menjadi orang pertama yang divaksin di Medan, tak bisa memenuhi kewajibannya lantaran merupakan penyintas Covid-19. 

Saat disuntikkan Vaksin Covid-19, Wiriya bersama sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah -Forkompinda Kota Medan. Di antaranya Pimpinan DPRD Medan / Kapolrestabes Medan dan Komandan Kodim 0201/BS Medan. 

Selanjutnya vaksin tersebut akan disalurkan kepada 10 ribu penerima vaksin tahap pertama, yang utamanya merupakan tenaga kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00