Penetapan Kepala Daerah Terpilih, KPU Sumut Tunggu MK

 KBRN, Medan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih menunggu informasi dari Mahkamah Konsitudi (MK) terkait jumlah kabupaten/kota yang tidak ada gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 lalu, sehingga penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih dapat dilakukan.

"Kami masih menunggu informasi Mahkamah Konsitudi berapa kabupaten/kota yang tidak ada gugatan. Kabupaten kota yang tidak ada gugatan bisa lebih dulu menetapkan paslon terpilih," kata Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin saat beraudiensi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Senin (18/1/2021).

Herdensi juga mengungkapkan ada 11 kabupaten/kota yang mengajukan gugatan Pilkada ke Mahkamah Konstitusi. Di antaranya Karo, Medan, Tanjungbalai, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Selatan, dan Samosir. 

Menurutnya, gugatan tersebut adalah sesuatu yang lumrah dan terdapat di dalam undang-undang. 

“Kami sudah konsolidasikan kabupaten/kota (KPU) yang ada gugatan untuk mempersiapkan jawaban dan bukti yang dibutuhkan,” ujar Herdensi.

Pada kesempatan itu, Herdensi juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas berbagai dukungan yang diberikan, sehingga Pemilihan Kepala Daerah  Serentak tahun 2020 di 23 kabupaten/kota terlaksana dengan aman dan lancar. 

“Alhamdulillah, Pilkada di 23 kabupaten/kota Sumut secara umum pelaksanaan dan kesiapan protokol kesehatan berjalan baik. Terima kasih Pemprov sudah memberikan dukungan kepada KPU provinsi dan kabupaten/kota sehingga Pilkada berjalan baik secara umum,” ujarnya. 

Sementara Gubernur Edy Rahmayadi  menyampaikan apresiasi kepada KPU Sumut atas terselenggaranya Pilkada Serentak tahun 2020 dengan aman dan lancar. Hal tersebut diharapkan dapat membawa kebaikan dan kesejahteraan untuk masyarakat Sumut 

“Saya berterima kasih kepada KPU, atas penyelenggaraan Pilkada serentak yang berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Edy. 

Edy berharap keberhasilan Pilkada serentak, 9 Desember 2020 dapat membawa dampak positif tidak hanya di 23 kabupaten/kota yang ikut Pilkada, tetapi juga kepada seluruh masyarakat Sumut.

“Semoga dengan Pilkada serentak ini dapat membawa Sumut semakin baik, terima kasih,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00