FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Jadi Orang Pertama Divaksin, Edy Rahmayadi : Rasanya Semakin Sehat Saya

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menerima suntikan Vaksin Sinovac di Medan, Kamis (14/01/2021). Foto : Dinas Kominfo Provinsi Sumut / Veri Ardian

KBRN, Medan : Vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) resmi dimulai Kamis  (14/1/2021). Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Corona. Usai divaksin, Edy Rahmayadi merasa dirinya semakin sehat.

“Rasa-rasanya semakin sehat saya, Aminlah. Makin sehat saya kan semakin segar,” ujarnya seraya tertawa saat ditanya wartawan usai vaksinasi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (14/1/2021) .

Sambil berkelakar, Edy meminta awak media menanyakan dampak vaksin kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin yang juga divaksin pada kesempatan tersebut.   

“Nanti tanyakan itu dampaknya, dampak positifnya pada Kapolda. Kapolda tadi lebih tahu itu,” Edy kembali tertawa. 

Sementara Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengaku tidak merasakan apapun usai divaksin.

“Biasa-biasa saja, karena kita sehat, mau divaksin mau gak divaksin,” ujarnya.

Martuani Sormin meminta masyarakat tidak salah persepsi karena vaksinasi dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.  

“Jadi dengan vaksin ini, tubuh kita akan memproduksi imunitas, jangan masyarakat salah persepsi,” katanya. 

Martuani Sormin juga mengaku tidak melakukan persiapan khusus menjelang vaksinasi, karena selama ini ia telah menerapkan pola hidup sehat.

“Hidup sehat, olahraga teratur, itu akan meningkatkan imunitas. Mungkin kalau rekan-rekan ikuti saya, karena saya rajin bersepeda, olahraga, makanya sehat,” tutupnya.

Acara vaksinasi Covid-19 perdana di Sumut dilangsungkan di Aula Tengku Rizal Nurdin yang juga menjadi Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan. 

Tahapan vaksinasi dimulai dengan pendaftaran dan cek kesehatan terlebih dahulu. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendapat suntikan pertama yang dilakukan oleh Mayor (Kes) dr Handoyo SpAn, Koordinator Tim Medis Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut.

Dokter Handoyo mengatakan, usai divaksin, penerima vaksin harus menunggu kejadian ikutan pasca imunisasi selama 30 menit. Namun Handoyo mengharapkan tidak terjadi hal apapun usai vaksinasi.

“Vaksinasi adalah salah satu jalan keluar dari wabah pandemi, vaksinasi dapat membentuk kekebalan, meski ada vaksin,  protokol kesehatan tetap kita jalankan,” kata Handoyo.

Acara Vaksinasi Covid-19 Perdana di Sumut tersebut berjalan lancar. Sebanyak 20 orang peserta yang terdiri dari Gubernur, Forkopimda Sumut, hingga tenaga kesehatan satu per satu mendapat giliran suntikan vaksin Covid-19.

Setelah Gubernur, penerima vaksin berikutnya adalah Kapolda Sumut Martuani Sormin, Kajati Sumut Ida Bagus Nyoman, Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono, Kasdam I/BB Didied Pramudito, Kabinda Sumut Ruruh A Setyawibawa, Pangkosek Hanudnas III Erson S B Sinaga, Danlantamal I Belawan I Made Wahyu Santoso, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani dan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00