36 Rumah di Belawan Hangus Terbakar

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga berupaya memadamkan api dalam insiden kebakaran di Jalan Belton Barat, Lingkungan V, Kelurahan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan pada Rabu sore (2/12/20200. Sebanyak 36 unit rumah hangus terbakar dalam insiden tersebut. (ist)

KBRN, Medan: Kebakaran hebat melanda kawasan padat penduduk di Jalan Belton Barat, Lingkungan V, Kelurahan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, terbakar, sore tadi.

Informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 15:50 WIB. Sejauh ini belum dapat dipastikan sumber api yang menyebabkan kebakaran tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan, Arjuna Sembiring, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terkait rumah dan warga yang menjadi korban kebakaran. Sejauh ini data yang mereka kumpulkan menyebut ada 36 unit rumah yang terbakar.

"Korban jiwa tidak ada, namun ada 36 unit rumah yang terbakar dengan persentase 10-80 persen. Informasinya ada juga tempat ibadah yang dekat dengan lokasi kebakaran yang terimbas kebakaran tersebut," sebutnya Arjuna kepada RRI, Rabu malam (2/12/2020).

Arjuna lebih lanjut mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polisi.

"Namun keterangan warga menyebut api berasal dari rumah Ibu Siregar. Cuma sumber apinya dari mana kita belum tahu," jelasnya.

Saat ini, kata Arjuna, api sudah berhasil dipadamkan. Pihaknya pun sudah menyiapkan posko untuk membantu masyarakat yang menjadi korban  kebakaran.

"Sejauh ini belum ada pengungsian. Warga yang menjadi korban lebih memilih tinggal di tempat keluarga mereka. Tapi kita sudah siapkan posko di kelurahan dan kecamatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," tukasnya.

Arjuna mengingatkan bahwa saat ini potensi bencana masih cukup tinggi, seiring dengan cuaca ekstrem yang masih terjadi. Ia pun meminta masyarakat selalu waspada.

"Untuk mengantisipasi potensi bencana, baik itu bencana alam maupun non-alam seperti kebakaran, kita sudah siapkan petugas di tiap-tiap kecamatan dan kelurahan. Bahkan di daerah-daerah rawan kita siapkan tim khusus yang bersiaga penuh," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00