Nomor Urut Calon Wali Kota Medan, Akhyar-Salman No 1, Bobby-Aulia No 2

KBRN, Medan : Pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution- Salman Alfarisi mendapat nomor urut 1, sedangkan Paslon Bobby Nasution - Aulia Rahman mendapat nomor urut 2 dalam Pilkada Medan 2020.

Pengundian dan penetapan nomor urut tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan di Hotel Santika Dyandra, Medan, Kamis (24/9/2020).

Untuk menentukan nomor urut paslon, pengundian dilakukan melalui mesin pengundian yang dilakukan sebanyak tiga kali dengan cara menginjak pedal yang dilakukan Akhyar Nasution dan Bobby Nasution.Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik mengatakan, pengundian nomor urut dengan alat yang diinjak tersebut untuk meminimalisir penularan Covid-19.

"Kalau biasanya kan pakai tangan diaduk-aduk bisa bersentuhan. Ini kita pakai pedal dengan cara diinjak," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 1, Salman Alfarisi menyatakan harapannya agar hasil pelaksanaan Pilkada menghadirkan pemimpin terbaik di Kota Medan.

"Tadi malam saya berdoa kepada Allah diberikan nomor yang sangat mudah dicerna masyarakat Kota Medan. Alhamdulillah kita dapat nomor 1 dan ini mengingatkan kami dengan kemenangan Eramas (Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah) pada Pilgub lalu yang mendapatkan suara 80 persen. Mudah-mudahan AMAN mendapatkan kemenangan yang sama," ucapnya.

Hal senada dikatakan Akhyar Nasution usai acara. Ia menyatakan syukur mendapatkan nomor urut 1 dan berharap berjalan baik ke depannya untuk memenangkan pilkada tahun ini.

"Kami yakin 100 persen menang tapi bukan presentasi kemenangannya yang 100 perseb melainkan keyakinannya," ujarnya.

Sementara Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengharapkan kepada seluruh relawan untuk bersama-sama mengikuti proses Pilkada dengan damai dan aman serta mengikuti protokol kesehatan selama tahapan terutama saat kampanye. Terkait nomor urut yang didapatkan, menurut Bobby hanya nomor untuk ditulis di kertas suara dan tidak menyimbolkan apapun.

"Ini tahapannya bukan nomornya. Karena nomor urut tidak menyimbolkan apa-apa hanya untuk di kertas suara nanti," ujarnya.

Sebelumnya KPU Kota Medan melalui Surat Keputusan No. 790/PL.02.3-Kpt/1271/KPU-Kot/IX/2020 tertanggal 23 September 2020 telah menetapkan Muhammad Bobby Afif Nasution – Aulia Rachman dan Akhyar Nasution – Salman Alfarisi sebagai Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Tahun 2020.

Seperti diketahui Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (AMAN) diusung PKS-Demokrat dengan total 11 kursi di DPRD Medan. Sementara Bobby-Aulia diusung 8 parpol yakni PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Hanura, PSI yang memiliki 39 kursi di DPRD Kota Medan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00