Gubernur Edy Ingatkan Pjs Kepala Daerah Netral di Pilkada

KBRN, Medan : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berpesan kepada Penjabat Sementara (Pjs) Bupati/Walikota yang akan memimpin 10 daerah di Sumut, agar tetap menjaga netralitas selama Pilkada.

Sedikitnya 10 pejabat eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan menjadi Pjs Bupati/Walikota untuk 10 daerah di Sumut yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020.

Dari 23 kabupaten/kota di Sumut yang menyelenggarakan Pilkada tahun ini, 10 daerah di antaranya akan diisi Pjs, sedangkan 13 daerah lainnya dijabat petahana (incumbent).

Untuk 10 daerah kabupaten/kota yang akan diisi Pjs adalah Asahan, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Toba, Samosir, Serdang Bedagai, Nias Selatan, Medan, Tanjung Balai, Gunung Sitoli.

"Lakukan, antar (pelaksanaan Pilkada) dengan netral," tegas Edy, usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (22/9/2020).

Edy menuturkan, usulan 10 nama yang akan menjadi Pjs, sudah ditentukan dan hanya tinggal menunggu persetujuan dari Kemendagri. Perihal kesiapan menjelang Pilkada, Edy mengatakan, Sumut siap dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

 "Presiden memastikan Pilkada diselenggarakan 9 Desember 2020. Ya kita harus siap, memang benar kita dalam kondisi pandemi. Makanya saya tekankan kepada 23 kabupaten/kota yang ikut Pilkada ikuti benar protokol kesehatan. Mudah-mudahan tidak ada masalah," ujarnya.

Dikatakan Edy, beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari penyebaran Covid19 adalah tidak melakukan kampanye dengan menggerakkan massa.

"Benar-benar disiplin, dengan cara-cara lain bisa. Intinya adalah lakukan protokol kesehatan," tegasnya.

Diketahui sebanyak 23 kabupaten/kota se-Sumut yang akan melaksanakan pesta demokrasi pada 9 Desember mendatang yakni Asahan, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, dan Nias Utara.

Kemudian, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Samosir, Simalungun, Tapanuli Selatan, Toba, Binjai, Medan, Gunungsitoli, Pematangsiantar, Sibolga dan Tanjungbalai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00