Sinabung Kembali Erupsi Sabtu Sore, Tinggi Abu Hingga 1.000 meter

KBRN, Medan: Pasca erupsi pada Sabtu (8/8) dini hari tadi. Sore ini, Gunung Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik sejauh kurang lebih 1.000 meter. 

Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Armen Putra saat dikonfirmasi membenarkan erupsi tersebut. 

"Benar erupsi lagi pukul 17.18 WIB tadi dengan ketinggian kolom kurang lebih 1.000 meter dan ini masih berlangsung," katanya, Sabtu (8/8/2020).

Armen menuturkan bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. 

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi lebih kurang 36 menit 23 detik," ucapnya. 

Diberitakan sebelumnya, Gunung Sinabung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut mengalami erupsi pada Sabtu (8/8) sekitar pukul 01.58 WIB. Abu vulkanik hasil erupsi terdistribusi di beberapa kecamatan, Kabupaten Karo. Tinggi kolom erupsi sekitar 2.000 meter di atas puncak. 

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo melaporkan tidak ada korban saat proses evakuasi warga. BPBD setempat juga menginformasikan saat terjadi erupsi, cuaca gerimis sehingga abu tidak mengganggu aktivitas warga. Selain itu, BPBD melakukan penyemprotan abu vulkanik di jalan raya sekitar Berastagi. Akibat erupsi mengakibatkan tiga kecamatan di Kabupaten Karo tertutup abu vulkanik untuk sejumlah wilayah. Diantaranya Kecamatan Naman Teran, Merdeka, dan Berastagi. (Joko Saputra)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00