Pertama Kali Sejak Pandemi, Gunung Sinabung Erupsi

Foto:ist

KBRN, Medan : Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara erupsi pada Sabtu 8 Agustus 2020 dini hari sekitar pukul 01.28 Wib. Erupsi menimbulkan kolom abu setinggi kurang lebih 2000 meter di atas puncak atau kurang lebih empat ribu 460 meter di atas permukaan laut. Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG  menyampaikan erupsi kali ini merupakan yang pertama di masa pandemi COVID-19. Hujan abu vulkanis bersumber dari erupsi Gunung Sinabung,  mengguyur empat kecamatan di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4, dan Kecamatan Merdeka.

“Warga diminta menggunakan masker atau pelindung diri agar tidak terpapar abu vulkanik. Warga juga diimbau tidak memasuki zona merah kawasan Sinabung karena masih tingginya aktivitas vulkanik gunung  tersebut,” kata Armen Putra Petugas Pos pengamatan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Selain itu, warga atau pengunjung juga dilarang berada di lokasi dalam radius  3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara. “Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin. Saat ini Gunung Sinabung dalam Level III atau siaga,” ungkapnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00