Diprovokasi Keluarga Buronan, Petugas BNN Deli Serdang Lari Selamatkan Diri

KBRN, Medan: Satu unit Mobil milik Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Deli Serdang dirusak sekelompok massa saat melakukan pengerebekan di Desa Ragemuk Kecamatan Pantai Labu, Sumatera Utara, Rabu (5/8) lalu. Tidak hanya merusak mobil, personel BNN juga hampir diamuk massa. 

Kapolsek Beringin AKP MKL Tobing mengatakan awalnya tim dari BNNK Deli Serdang yang dipimpin Kasi Berantas Kompol Hendro menggerebek rumah salah seorang buronan Kasus narkoba berinisial S (33) di Desa Ragemuk, Kecamatan Pantai Labu. 

“Saat sedang dilakukan penggerebekan datang salah seorang keluarga S yang bertanya kepada salah seorang petugas. Tidak berapa lama terdengar suara jeritannya sehingga mengundang massa yang mengerumuni rumah,’’ ujar Tobing kepada wartawan. 

Selanjutnya warga diprovokasi untuk menyerang polisi. Melihat keadaan tidak kondusif personil dari BNNK Deli Serdang lari menyelamatkan diri dan meninggalkan 1 unit mobil dinas. 

“Mereka menyelematkan diri karena amarah warga tidak terbendung, dan mobil tersebut (akhirnya) menjadi amukan warga sehingga dirusak,” ujar Tobing. 

Mendapat laporan pengrusakan tersebut, kata Tobing, personel Polsek Beringin yang dikomandoi Kanit Reskrim Polsek Beringin Iptu D. Manalu menuju lokasi kejadian. “Sesampai di TKP, polisi mengamankan mobil milik BNNK Deli Serdang dan mengevakuasinya, kemudian membawa mobil ke Polresta Deli Serdang guna penyelidikan lebih lanjut,’’ ujar Tobing. 

Terpisah Kasatreskrim Polresta Deli Serdang Kompol Firdaus telah menerima laporan dari BNNK Deli Serdang terkait peristiwa pengerusakan tersebut, pihaknya kini memburu provokator. 

“Kami sudah melakukan pengejaran terhadap para pelaku, tindakan lainnya kami akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi di TKP pada saat itu,”kata Firdaus. Dari penyelidikan sementara kericuhan ternyata juga dipicu provokasi buronan narkoba tersebut, ia melakukan aksinya agar bisa melarikan diri. “Pelaku berupaya melarikan diri dengan memprovokasi warga, sehingga warga ikut juga melakukan perusakan mobil milik BNNK Deliserdang,” ujar Firdaus. 

Terkait warga yang ikut melakukan pengrusakan, kata Firdaus institusinya akan memeriksa sejumlah warga yang ikut diduga ikut dalam aksi itu. Pihaknya tidak akan segan menindak warga yang melanggar aturan. “Kami akan melakukan pemeriksaan (warga), apabila terbukti warga tersebut melakukan perusakan akan kita proses dan tindak tegas,” jelasnya. (Joko Saputra)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00