12 Orang Positif Covid 19, USU Kembali Lockdown Satu Pekan

KBRN, Medan: Satuan Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Medan telah menerima informasi kasus positif Covid 19 di Universitas Sumatera Utara (USU). Sejumlah 12 orang terkonfirmasi Covid-19 di kampus Padang Bulan itu.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya telah menerima informasi bahwa sudah ada 12 orang yang positif Covid-19 di USU. Termasuk Rektor USU Prof Runtung Sitepu.

"Sampai hari ini kita mendapat informasi masih 12 orang. Ada rektor, wakil rektor beberapa profesor dan dosen serta staf," katanya kepada wartawan, Senin (27/7).

Namun, menurut Mardohar bahwa ke-12 orang tersebut saat ini sebahagian sudah menjalani isolasi diri. "Dan info terakhir sampai hari ini ada beberapa mereka sudah selesai melakukan isolasi dan kita masih terus melakukan koordinasi memantau perkembangannya," ucapnya. 

"Ke-12 orang tersebut ada yang di isolasi di rumah, rumah sakit USU. Dan semuanya dalam keadaan stabil," sambung Mardohar. 

Mardohar juga menuturkan bahwa pada hari ini, pihak USU melakukan lockdown hingga 2 Agustus 2020. Lockdown tersebut dilakukan khusus untuk universitas. Sedangkan untuk Rumah Sakit USU masih beroperasi. 

"Untuk hari ini mereka melakukan lockdown sampai 2 Agustus dan sebelumnya mereka juga sudah lockdown khusus untuk universitas kalau untuk RS masih berjalan seperti biasanya," tuturnya.

Untuk mencegah penularan baru kasus covid -19, pihak kampus juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di kampus. 

"Dari pihak USU sendiri sudah melakukan sterilisasi dan ini juga sudah melakukan disinfektan di area USU," tambah Mardohar. 

Sebelumnya, USU memutuskan untuk menghentikan secara total aktivitas di lingkungan Universitas terhitung mulai Senin (27/7) hingga Minggu (2/8)

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran yang ditandatangani Rektor USU Profesor Runtung Sitepu, Jumat (24/7). Dalam Surat Edaran No 6877/UN5.1.R/SPB/2020 itu disebutkan alasan penutupan kampus akibat semakin banyak Dosen USU yang dinyatakan positif Covid-19. Bahkan ada yang meninggal dunia.

"Selama masa lockdown semua Pimpinan, Dosen dan Tenaga Kependidikan bekerja dari rumah (WFH). Daftar kehadiran ditanda tangani secara online. Dapat kami tambahkan bahwa kebijakan ini kami laksanakan setelah mendapat masukan dari MWA USU," jelasnya. (Joko Saputra)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00