UTBK SBMPTN USU Diikuti 35.790 Peserta

KBRN, Medan: Sejumlah 35.790 peserta  mengikuti  Ujian Tulis Berbasis Komputer  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2020 di Lokasi Universitas Sumatera Utara (USU). Bagi peserta yang tidak hadir  mengikuti ujian,  Lembaga Tes  Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberi kesempatan mengikuti ujian susulan pada 2 Agustus 2020. 

Kuota mahasiswa baru USU melalui jalur seleksi tersebut sebanyak  3.180 orang. Pengumuman hasil ujian dijadualkan pada 20 Agustus mendatang. 

Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Runtung Sitepu , SH M.Hum beserta Wakil Rektor, Sekretaris Universitas dan awak media melakukan pemantauan  ujian  sesi ke-2  pada tiga lokasi ujian yakni Fakultas Teknik  USU, Fakultas Kedokteran USU dan Universitas Sari Mutiara Medan pada Minggu (5/7). 

Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH MHum mengatakan berdasarkan pemantauan pada tiga lokasi ujian tersebut, pelaksanaan ujian berjalan lancar,  juga dengan menerapkan  protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

"Sesuai instruksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, pelaksanaan  UTBK-SBMPTN  2020  di lokasi USU  digelar pada  18 lokasi ujian. 14 lokasi ujian berada di Kampus USU serta  4 lokasi ujian  dengan mitra kerjasama USU  yaitu Universitas Sari Mutiara Medan ,SMA Negeri 1  Medan dan SMK Negeri 9 Medan," ucap Rektor USU.

Pelaksanaan UTBK – SBMPTN  2020 dilaksanakan dalam 2 tahap. Thap I pada  5 – 14 Juli 2020 serta tahap II  pada  20 – 29 Juli  2020. 

"Sementara itu dalam upaya membantu para mahasiswa yang terdampak ekonomi keluarga akibat pandemi Covid 19 diberi kesempatan untuk mencicil uang kuliah  untuk semester ganjil Tahun Ajaran  2020/2021. Mereka juga diperbolehkan membayar uang kuliah menjelang ujian semester. 

"Hal itu sesuai arahan Dirjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti kepada unsur pimpinan perguruan tinggi. Selain itu mahasiswa yang terdampak Covid-19  juga bisa mengajukan permohonan untuk  mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah  (KIPK). USU  tersedia lebih 2.000 Kartu Indonesia Pintar yang akan dibagikan kepada para mahasiswa yang ekonomi keluarganya benar-benar tidak mampu," tegas Rektor. (Untung)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00