Sumut Masuk 4 Besar Nasional Penambahan Kasus Covid-19 Terbanyak

dr Whiko Irwan. Foto : Widya

KBRN, Medan : Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu daerah dengan peningkatan kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia pada Selasa (23/6/2020). Penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 di Sumut mencapai 117 kasus, atau terbanyak keempat di Indonesia setelah Jawa Timur (258 kasus), DKI Jakarta (160 kasus), dan Sulawesi Selatan (154 kasus).

Penambahan kasus baru Covid-19 di Sumut merupakan rekor tertinggi sejak ditemukannya kasus Covid-19 di Sumut pada 3 bulan lalu. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut, dr Whiko Irwan menuturkan, pertambahan kasus positif tersebut terbanyak ada di Kota Medan dengan 68 kasus baru, dan dari warga di luar Sumut dengan 17 kasus.

Dengan bertambahnya 117 kasus baru tersebut maka jumlah pasien positif Covid19 yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Sumut saat ini menjadi 1.232 orang.

Menurut Whiko, peningkatan kasus positif Covid-19 di Sumut, selain karena masifnya pemeriksaan yang dilakukan, juga karena masih terus terjadinya penularan di tengah-tengah masyarakat.

Hal senada disamlaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah. Ia menambahkan, lonjakan pasien positif Covid-19 terjadi karena masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kegiatan sehari-hari. Salah satunya masyarakat yang melakukan kegiatan olahraga di Lapangan Merdeka Medan secata berkerumun dan tidak mengindahkan physical distancing.

"Dalam beberapa hari ini kami melakukan pemantauan di beberapa tempat, seperti  di Lapangan Merdeka Medan, saat melakukan olahraga, kita masih melihat banyak masyarakay yang belum tertib umtuk menjaga physical distancing. Physical distancing ini sangat perlu dan harus menjadi perhatian kita bersama karena pengendalian penyakit ini dibutuhkan kerjasama agar bisa kita hentikan," ujarnya.

Sementara perkembangan data terbaru Covid-19 di Sumut pada Selasa (23/6/2020), untuk ODP sebanyak 871 kasus, PDP bertambah dua orang menjadi 204 orang, dan pasien meninggal dunia bertambah 3 orang menjadi 77 orang. Sedangkan pasien sembuh juga bertambah 3 orang menjadi 265 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00