Banyak Warga Sumut Tak Patuhi Protokol Covid-19, Kasus Positif Tembus 1.115 Orang

dr Aris Yudhariansyah. Foto : Widya

KBRN, Medan : Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus melonjak dari hari ke hari. Saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Sumut menembus anga 1.115 orang.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah, saat ini GTPP Covid-19 Sumut terus bekerja untuk menekan angka paparan covid19. Namun hingga Senin (22/6/2020) sore, angka kasus Covid-19 masih tinggi, terutama untuk pasien positif Covid19.

Ditemukan 20 kasus baru pasien positif Covid-19 pada Senin (22/6/2020), sehingga saat ini kasus pasien positif Covid-19 mencapai 1.115 kasus. Aris menuturkan, dari pemantauan yang dilakukan GTPP Covid-19 dalam beberapa hari ini, masih banyak masyarakat Sumut mengabaikan protokol pencegahan Covid-19 dalam berbagai kegiatan. Salah satunya masyarakat yang melakukan kegiatan olahraga di Lapangan Merdeka Medan.

"Beberapa hari ini kami melakukan pemantauan di beberapa tempat, seperti  di Lapangan Merdeka Medan, saat melakukan olahraga, masih kita jumpai masyarakat lupa bahwa physical distancing itu penting. Kita masih melihat banyak masyarakat yang belum tertib untuk menjaga physical distancing. Meskipun sebagian sudah menggunakan masker, tapi physical distancing sangat perlu. Ini harus menjadi perhatian kita bersama," ujarnya.

Aris berharap masyarakat lebih peduli dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, terutama mengenakan masker, tidak berkumpul dan menjaga jarak minimal 1-2 meter dari orang lain. Hal itu harus menjadi kebiasaan masyarakat terutama saat tatanan hidup baru diterapkan di Sumut pada Juli mendatang.

Aris menambahkan, selain pasien positif, PDP juga bertambah menjadi 202 orang, begitu pun dengan pasien sembuh bertambah menjadi 262 orang. Sementara pasien meninggal dunia bertambah 3 orang menjadi 74 orang dan untuk ODP berkurang menjadi 872 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00