Masa Tanggap Darurat Covid19 Berakhir, Pasien Positif di Sumut Tembus 400 Orang

Whiko Irwan

KBRN, Medan : Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara meningkat tajam menembus angka 400 orang, di hari terakhir masa tanggap darurat Covid-19 di Sumatera Utara.

Masa tanggap darurat Covid-19 di Sumatera Utara resmi berakhir pada Jumat (29/5/2020). Namun bersamaan dengan berakhirnya masa tanggap darurat tersebut, jumlah kasus Covid-19 di Sumut justru menunjukkan peningkatan signifikan. Terutama untuk pasien yang terkonfirmasi positif menderita Covid-19, jumlahnya menembus angka 400 orang. Jumlah itu bertambah sebanyak 38 orang dari hari sebelumnya.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut dr Whiko Irwan mengatakan, untuk sebaran kasus baru pasien positif tersebut terbanyak masih di Kota Medan dengan 264 orang, Kabupaten Deli Serdang dengan 51 orang, Kota Pematangsiantar dengan 23 orang, dan Kabupaten Simalungun sebanyak 22 orang.

Menurut Whiko, tingginya pertambahan kasus baru tersebut karena penularan masih terus terjadi. Termasuk saat Ramadhan lalu, karena banyak warga berkerumun di keramaian.

"Memang kasus barunya banyak ditemukan. Ramadhan kemarin juga kemungkinan karena ada pergerakan orang kan, berkumpul," kata Whiko.

Whiko Irwan menambahkan, selain jumlah pasien positif, untuk PDP juga masih cukup tinggi dengan 137 Orang, ODP 311 Orang, pasien meninggal 37 Orang dan pasien sembuh sebanyak 118 Orang.

Dikatakan Whiko, meski masa tanggap darurat Covid19 di Sumut sudah berakhir, namun masyarakat tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid19 dalam kehidupan sehari sehari mengingat tidak dapat dipastikan kapan berakhirnya masa pandemi Covid-19 ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00