Pasien Positif Terus Bertambah, Masa Tanggap Darurat Covid-19 di Sumut Diperpanjang

Jubir GTPP Covid-19 Sumut, dr Whiko Irwan / Widya

KBRN, Medan : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memperpanjang masa tanggap darurat Covid-19 hingga 7 Juni mendatang. Perpanjangan status tanggap darurat itu mengingat jumlah kasus baru pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut, yang disampaikan Juru Bicara GTPP Covid-19, dr Whiko Irwan, hingga Rabu (27/5/2020), kasus pasien yang terkonfirmasi positif menderita Covid-19 mencapai 332 orang. Jumlah itu bertambah 17 orang dari hari sebelumnya.

Whiko mengungkapkan, pertambahan kasus baru pasien positif Covid19 di Sumut cukup signifikan dalam 10 hari terakhir dengan jumlah kasus terbanyak ada di Kota Medan dengan 227 pasien positif. Whiko menegaskan, tingginya kasus pasien positif tersebut membuat masa tanggap darurat Covid19 di Provinsi Sumatera Utara yang seyogianya berakhir tanggal 29 Mei diperpanjang hingga 7 Juni mendatang.

"Masa tanggap darurat diperpanjang sampai 7 Juni 2020. Harusnya kan selesai 29 Mei ini. Kalau dilihat dari kondisinya memang ada peningkatan terus setiap hari, makanya kita evaluasi lagi," kata Whiko.

Menurut Whiko Irwan, dengan masih tingginya kasus Covid19 di Sumut, masyarakat harus semakin meningkatkan kewaspadaan terlebih dengan akan diterapkannya new normal oleh pemerintah. Masyarakat tetap harus melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid19 dalam setiap aktivitas, baik saat transaksi jual beli, di kantor, transportasi dan lainnya.

Begitu pun dengan masyarakat yang akan mengunjungi pusat perbelanjaan yang akan mulai beroperasi, diminta tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan sebisa mungkin menghindari pusat perbelanjaan yang terlalu ramai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00