46 Tahun Perjalanan Rumah Tangga Dato Seri H. Syamsul Arifin, SE di Peringati

Medan - KBRN,  Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI) yang juga mantan Gubernur Sumatera Utara Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE & Datin Seri Hj. Fatimah Habiebie memperingati 46 tahun pernikahannya dalam satu perhelatan di komplek kediamannya Jalan Suka Darma, Medan, Selasa (26/5/2020).

Perhelatan berlangsung sederhana dengan jumlah undangan  terbatas, karena mematuhi pemenuhan ketentuan dalam situasi Pandemi Covid-19 saat ini. Acara berlangsung khidmat kendati kemeriahan tak terelakkan, akibat rasa gembira para keluarga Dato’ Seri dan para undangan  termasuk kalangan keluarga.

Di antara yang hadir Pemangku Kesultanan Deli Raja Muda T. Hamdy Osman Deli Khan Al-Haj, mantan Gubsu Dr. H. Tengku Erry Nuradi dan istri, Brigjen TNI Ruru, mantan Sekdaprovsu Dr. Rustam Effendi Nainggolan dan isteri, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP, mantan Kadis Pendidikan Sumut Drs. H. Syaiful Syafri, MM dan istri, tokoh pemuda Sumut Rajamin Sirait dan istri, Ketua Umum PB Angkatan Muda Melayu Indonesia (AMMI) OK Faizal A. Djalil, SP, Ketua PD MABMI Medan Ir. Tengku Sahmi Djohan, sejumlah pengurus PB MABMI.

Berbareng dengan perhelatan ini, diresmikan dua Rumah Melayu di lokasi yang sama, masing-masing ‘Roemah Dato’ S.F. Huzaifi’ dan ‘Roemah Puan HFA Halifah Fateha Akila.

Peresmian kedua Rumah Melayu ini ditandai dengan penanda tanganan Batu Bersurat (prasasti) oleh Dato’ Seri H. Syamsul Arifin, SE dan Datin Seri Hj. Fatimah Habiebie serta Pemangku Kesultanan Deli Raja Muda T. Hamdy Osman Deli Khan Al-Haj.

NUANSA MELAYU

Perhelatan tersebut kental dengan nuansa kemelayuan, diawali dengan pembacaan ayat suci al gur'an  oleh qori Dimas, diikuti dengan tausyiah oleh Ustadz Mustafa Kamal dilanjutkan dengan doa selamat dan ucapan rasa syukur ke hadirat Allah SWT atas selamat sentausanya perjalanan bahtera rumah tangga Dato’ Seri dan Datin Seri.

Dato’ Seri H Syamsul Arifin, SE didampingi Datin Seri Hj Fatimah Habiebie dan cucu tersayang Syawai Fariz Huzaifi menyampaikan kata sambutan dan nukilan kenangan selama 46 tahun mengayuh bahtera rumah tangga.

“Kami mengayuh bahtera rumah tangga selama 46 tahun penuh diwarnai terpaan ombak dan badai kehidupan. Kerap terdengar petir di siang bolong dan mendung menutupi langit, tetapi hingga ke petang hujan tak jadi,” begitu antara lain ungkap Dato’ Seri Syamsul Arifin saat menggambarkan perjalanan rumah tangganya selama 46 tahun yang penuh suka dan duka, bahkan diterpa isu-isu perpecahan tetapi faktanya hingga kini mereka tetap hidup bersatu dan berbahagia berkat ridho dan anugerah Allah SWT ".

Pada momentum tersebut, Dato’ Seri juga menyampaikan  isi hatinya, atas rasa cinta selama 46 tahun terhadap sang istri, Datin Seri. Selain itu Dato’ Syamsul juga menyampaikan kado romantis, sekeping coklat dalam kemasan kaleng berbentuk hati sebagai lambang cinta. Tepuk tangan suka cita pun mengiringi pemberian tersebut.

Keharuan juga sempat menyentuh para tamu dan uandangan, ketika kedua putri Dato’ dan Datin’ – Amira dan Beby di Jakarta tak dapat hadir karena dampak Pandemi Covid-19, menyampaikan ucapan selamat dan ucapan cinta kepada kedua orang tuanya melalui saluran teknologi informasi secara langsung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00