146 TKI Malaysia Asal Warga Tanjungbalai Dipulangkan

KBRN, Tanjungbalai : Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Tanjungbalai memulangkan sebanyak 146 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Malaysia asal warga Kota Tanjungbalai. Senin Sore (18/5/2020).

Pemulangan para TKI dari Port Kelang Malaysia menggunakan kapal Ferry Pasific Jetstar dan tiba di Pelabuhan Teluk Nibung kota Tanjungbalai Sumut Pukul 17.15 Wib. dan disambut Forkopimda kota Tanjungbalai,

Terhadap Ratusan TKI di pelabuhan dilakukan Penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan kesehatan suhu badan dan rapit test Sesuai Protokol kesehatan penangan Covid 19.

Walikota Tanjungbalai HM.Syahrial  mengatakan pihaknya melakukan pemulangan TKI Malaysia warga Tanjungbalai karena mereka telah kehilangan pekerjaan semenjak Negara Jiran tetangga Malaysia memberlakukan lockdown akibat dampak covid 19.

"Kita lihat mereka disana sangat sedih sekali tidak bisa beraktivitas, ada yang tidak makan karena Malaysia memberlakukan lockdown, akhirnya gugus tugas kota Tanjungbalai melakukan pengembalian untuk warga tanjungbalai yang ada disana"

HM.Syahrial menjelaskan pemulangan TKI ini dilaksanakan secara bertahap dan gratis. Untuk Tahap pertama yang dipulangkan ini ada sebanyak 146 dari total jumlah keseluruhan 440 orang.

"Hari ini mereka pulang ada sebanyak 146 orang, yang lainnya insyallah tidak berhalangan menyusul dalam waktu dekat hari Rabu dan Jumat"  terangnya saat jemput TKI di Pelabuhan. 

Sementara itu Seorang TKI (Nb) merasa bersyukur dan ucapkan terima kasih bisa pulang ke tanah air, mengaku saat di malaysia sudah tidak memiliki pekerjaan lagi.

"Terima kasih bapak walikota bapak gubernur dan lainya. apabila tak pulang rasanya sangat kecewa sekali, sudah tidak bekerja dan tidak punya tempat tinggal." Tutupnya

Walikota termuda itu menambahkan  TKI yang sudah dipulangkan setelah dari Pelabuhan di evakuasi ke karantina Tanjungbalai untuk menjalani isolasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00