Polrestabes Medan Tembak Mati Pembunuh M Yusuf Setelah Buron 14 Bulan

KBRN, Medan: Satuan Reserse Kriminal Umum (Satreskrim) Polrestabes Medan akhirnya berhasil menembak mati satu tersangka pembunuhan berencana terhadap korban bernama Yusuf (33) di Jalan Bahorok Pantai Katak, Kabupaten Langkat pada 2018 silam. 

Sejak menjadi buron pada Oktober 2018, tersangka bernama Ganda Winata alias Gandrung diamankan polisi pada 23 Februari di Sibiang, Pelalawan, Riau. 

Tersangka Ganda diamankan dengan cara diberi tindakan tegas terukur karena berusaha melawan petugas saat hendak ditangkap. Sementara satu tersangka lainnya bernama Chory Kumulia Dewi alias Chory (25) yang juga istri korban telah diamankan terlebih dahulu, dan divonis oleh pengadilan dengan hukuman 12 tahun penjara.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edison Isir mengungkapkan, tersangka Ganda alias GW alias G diamankan di Sibiang, Pelalawan, Riau. Tersangka terpaksa diberi tindakan tegas dan terukur karena mencoba melawan petugas.

"Dari tersangka kita amankan ponsel dan juga pisau yang digunakan untuk melakukan perlawanan," jelas Kapolrestabes Medan Jhonny Isir saat konprensi pers di RS Bhayangkara Medan, Selasa (25/2) sore.

Sementara Satreskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak mengatakan, dari hasil penyelidikan, motif pembunuhan itu dikarenakan istri korban merasa sakit hati kepada suaminya karena tidak cukup memberikan nafkah. Dalam setahun korban hanya menafkahi Rp 200 ribu/ bulan. Bahkan tersangka mengaku pernah diancam cerai oleh korban.  

"Motifnya ada dua. Pertama karena suami sedikit pelit dan hemat memberikam uang belanja. Kedua, istrinya juga pernah diancam ingin diceraikan. Kita juga punya bukti istri korban punya hubungan spesial dengan tersangka G, tapi istri korban tidak mengakui itu," akui Maringan.

Sebelumnya proses pengungkapan tersangka pembunuhan berencana, diketahui berkat rekaman CCTV di pusat perbelanjaan Binjai Super Mall. Dari rekaman tersebut dua tersangka mengambil satu unit sepeda motor milik korban dari parkiran mall Jalan Binjai pada 14 September 2018 silam. 

Kemudian dari tersangka Chory juga turut diamankan satu buah tas hitam yang disandang dalam rekaman CCTV. Tas tersebut ditemukan di rumah Chory, di Dusun XI Ulu Brayun, Desa Ara Condong, Kecamatan Stabat, Langkat. 

Sebelumnya Polsek Pancur Batu menemukan jasad korban M Yusuf pada Kamis (14/9/2018) pagi sekira pukul 09.00 wib di perladangan Buah Asam Jalan Jamin Ginting, Dusun I Desa Sibolangit Kecamatan Sibolangit, Deliserdang. 

Dari pengakuan tersangka Chory, pembunuhan berencana dilakukan dengan berpura - pura istri korban merental mobil untuk pergi ke pesta keluarga di Aceh. Begitu setiba di Jalan Bahorok, mobil akhirnya berhenti karena sengaja dibuat mogok. Saat sang istri izin pergi ke warung, tiba - tiba tersangka Ganda masuk ke mobil dan menghabisi nyawa korban dengan cara dijerat oleh tali. Setelah tewas, korban dibuang ke perladangan Buah Asam Jalan Jamin Ginting, Dusun I Desa Sibolangit Kecamatan Sibolangit, Deliserdang. 

Dalam pengungkapan kasus pembunuhan berencana itu, petugas mengamankan dua unit sepeda motor milik korban yang salah satunya dijadikan jaminan untuk merental mobil. Kemudian satu unit mobil tersebut dirental untuk membawa korban menuju pantai Katak guna dihabisi nyawanya. Serta barang bukti lainnya milik korban seperti pakaian, sandal, handphone, pisau, dan tas milik korban saat ditemukan di lokasi TKP. 

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 340 subs 338 KUHPidana tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman seumur hidup. (Joko Saputra)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00