Pelaku Bom Bunuh Diri Mengaku Ingin Daftar CPNS

KBRN, Medan : Pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24) mengaku datang ke Polrestabes untuk mengurus SKCK guna mendaftar CPNS.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja di sela-sela penggeledahan rumah kontrakan Dedek, di Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Rabu (13/11/2019).

Menurut Tatan, petugas yang saat itu tengah mengatur lalu lintas di depan Mapolrestabes, curiga melihat gerak-gerik pelaku.

"Dia celingak celinguk di jalan, terus dipanggil. Ditanya mau kemana, ke dalam (Mapolres) buat SKCK. Untuk apa, CPNS katanya," ujar Tatan.

Tatan menjelaskan, petugas kemudian meminta pelaku membuka jaket ojek online yang ia kenakan dan memeriksa tas ransel di punggung pelaku. Namun polisi tidak menemukan benda mencurigakan.

"Tasnya diperiksa, dibuka, bawa buku, nggak ada apa-apa," ungkapnya.

Namun selanjutnya, sekitar pukul 08.30 WIB saat portal Mapolres dibuka untuk menerima masyarakat yang ingin mengurus SKCK, pelaku berbaur dengan masyarakat masuk ke dalam Polrestabes. Saat itu, petugas tidak lagi melakukan pemeriksaan. Tatan menduga, pelaku mengambil bom sesaat setelah portal dibuka dan memanfaatkan keramaian masyarakat yang ingin mengurus SKCK.

"Kita kan nggak tahu saat anggota masuk dia ambil, kan nggak tahu. Petugas sempat lihat dan disuruh buka tutup kepala sama jaket. Sampai di dalam berapa menit langsung (meledak)," jelasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00