SMP Negeri 2 Galang Diharapkan Jadi Barometer Sekolah Penggerak

KBRN, Medan: Dilansir dari antaranews medan, unit pelaksana teknis satuan pendidikan formal SMP Negeri 2 Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang, diharapkan menjadi barometer sekolah penggerak. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang, Yudi Hikmawan SE, dalam sambutannya acara Projek profil Pelajar Pancasila dengan tema Bhineka Tunggal Ika di SMP Negeri 2 Kecamatan Galang, Jumat (3/11/2021).

Ia menyebutkan, profil pelajar Pancasila merupakan upaya yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kompetensi global dan memiliki nilai-nilai Pancasila. Pelajar Pancasila sendiri adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan enam ciri utama yakni, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

"UPT SPF SMP Negeri 2 Galang sebagai sekolah percontohan penggerak indikatornya karena tidak membeda-bedakan suku, ras dan selalu bekerjasama serta saling mendukung dalam segala aspek. Terlebih lagi dalam bidang UKM yang dibuat oleh para siswa-siswi," sebutnya.

Ia menuturkan, program sekolah penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

"Dari 13 sekolah menengah pertama se-kabupaten Deliserdang, SMP Negeri 2 Galang salah satu percontohan sekolah penggerak. Oleh karena itu, terus lah meningkatkan projek Pancasila, sehingga tidak hanya menjadi barometer sekolah penggerak di Deliserdang melainkan sampai kanca Nasional," tuturnya.

Sementara Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Galang Rahma Hastuti Sihombing SPd Msi  menambahkan, sebagai sekolah percontohan penggerak akan meningkatkan SDM mulai dari guru, tenaga pendidik dan para murid. 

"Sebagai sekolah penggerak yang merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kami akan terus berbuat yang dapat membanggakan nama baik pendidikan Kabupaten Deliserdang. Dengan demikian, apa yang diwujudkan untuk meraih segudang prestasi-prestasi dapat diraih," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar