TNI AL Pangkalan Tanjungbalai Gelar Vaksinasi Maritim COVID -19 yang dilaksanakan di Tengah Laut

KBRN, Medan: Masih dalam rangkaian menyambut peringatan Hari Armada Tahun 2021, TNI AL Pangkalan Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) menggelar Vaksinasi Maritim COVID -19 yang dilaksanakan di tengah laut, tepatnya perairan Asahan atau muara Selat Malaka, Jum'at (3/12/021). Demikian dilansir antaranews medan.

Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory mengatakan giat vaksin masyarakat maritim khususnya nelayan dan keluarganya sebagai wujud komitmen TNI AL menyukseskan vaksinasi nasional program pemerintah dan kepatuhan terhadap perintah Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono.

"Selain dalam rangkaian Hari Armada pada tanggal 5 Desember 2021, giat vaksinasi maritim hari ini untuk mendukung program vaksinasi nasional dan melaksanakan perintah pak Kasal," kata Robinson diatas KAL Pandang I-1-72 tempat pelaksanaan vaksin.

Danlanal menambahkan, vaksinasi maritim ini juga dilaksanakan menyonsong Natal dan Tahun Baru dimana masih banyak masyarakat belum divaksin karena waktu yang sempit karena beraktifitas dilaut, dimana saat nelayan pulang melaut vaksinasi di darat sudah selesai.

"Karena ini sudah akhir tahun 2020, untuk sukses program vaksinasi menyongsong Natal dan Tahun Baru 2021 maka TNI AL khususnya Lanal TBA melakukan vaksin terhadap nelayan yang sedang beraktifitas di laut untuk menciptakan herd immunity bagi kalangan nelayan," kata Danlanal.

Ditambahkan Robinson, vaksinasi naritim kepada nelayan di tengah laut oleh pihaknya dengan melibatkan Tim Tenaga Kesehatan Lanal TBA bekerja sama dengan Nakes Puskesmas Bagan Asahan menargetkan 200 dosis. Namun disiapkan 200 vaksin jenis AstraZeneca dan 160 jenis Sinovac.

"Sejak dimulai pukul 08.00 tadi, hingga pukul 12.00 WIB sebanyak 149 dosis sudah terpakai. Kita berharap target tersebut bisa tercapai," ujar Robinson didampingi Danden Pomal  TBA, Lettu Laut (PM) Zailani dan Kasatkom Lettu Laut (E) Yakup.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar