Pembersihan Material Longsor Sibolangit Masih Dilakukan, Jalur Medan - Brastagi Masih Ditutup

KBRN, Deli Serdang: Tim Gabungan masih melakukan pembersihan sisa material longsor di Jalan Jamin Ginting KM 36, tepatnya di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, Rabu (27/10/2021). 

Dengan mengerahkan sejumlah alat berat seperti Escavator, Beco dan alat mesin potong (sinsho), petugas berhasil menumbangkan satu pohon besar yang sebelumnya menggantung di atas bebatuan tebing. 

Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar mengatakan, tim gabungan berhasil menumbangkan satu pohon besar yang berada di atas tebing jalan setinggi kurang lebih 30 meter.

"Tepat pukul 09.00 wib tim mulai pekerjaan, tepat pukul 10.00 wib pohon tumbang. Hanya dua kali sinsho karena bagian dalam sudah busuk. Pohonnya cukup besar sehingga sangat rawan jika terjadi hujan," ucap Sonny. 

Selama proses pengerjaan, pihaknya juga telah menutup akses jalan Medan - Brastagi dan arah sebaliknya sejak pukul 9 pagi. Penutupan akan dilakukan sebelum proses pengerjaan benar - benar selesai dan jalan aman untuk dilintasi pengguna jalan.

"Arus saat ini kita lakukan penutupan, dari dua arah Medan - Brastagi dan Brastagi - Medan. Ini sekarang kita berkumpul dari BJM, BPBD, Dishub, Kapolsek dan Koramil merembukkan proses batu yang masih menggantung di atas. Teknisnya masih dibicarakan," ujarnya.

Dikatakan Sonny, masih ada tiga pohon besar yang potensi rawan tumbang jika terjadi longsor, sehingga akan kembali ditumbangkan. Namun, untuk batuan besar yang ada di tebing, rencananya juga akan dibongkar, dengan cara metode penarikan menggunakan selling. 

"Sementara satu, tapi kita mengincar ada tiga lagi di atas potensi longsornya masih tinggi," ujarnya. 

Sonny menambahkan, sesuai jadwal untuk pengerjaan akan berakhir pukul 13.00 wib, namun jika tidak memungkinkan maka akan dilanjutkan dan penutupan jalan kembali diperpanjang. "Kalo dijadwal sampai 13.00 wib, kalau tidak memungkinkan nanti kita kebut setelah selesai pengerjaan. Kalau belum selesai kita lanjutkan," ujarnya.

Sementara itu, untuk material yang telah dikumpulkan kemudian diangkut dengan truk menuju kantor Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00